Berikut Daftar Bansos Pemerintah yang Akan Cair Bulan Juli

  • Whatsapp
Pemerintah mengalokasikan bansos bagi warga yang terdampak pandemi corona. Berikut cara mengecek penerima bansos. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Pemerintah mengalokasikan bansos bagi warga yang terdampak pandemi corona. Berikut cara mengecek penerima bansos. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

Bulan Juli ini, pemerintah segera keluarkan beberapa bansos (Bantuan Sosial) kepada masyarakat luas demi memenuhi kehidupan ekonomi. Pemberian dana bansos kepada masyarakat ini pemerintah lakukan demi menunjang kehidupan ekonomi kala pemberlakuan aturan PPKM Darurat dari 3 hingga 20 Juli. 

Dana bansos yang pemerintah keluarkan Juli ini berasal dari berbagai lembaga kementerian. Lalu, dana bansos apa saja yang akan pemerintah keluarkan pada masyarakat? Berikut daftar bansos yang akan pemerintah keluarkan bulan Juli ini melansir dari CNN Indonesia.

Bacaan Lainnya

banner 728x250
  • Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial yang Kementerian Keuangan keluarkan ini akan menarget masyarakat rentan tergantung dengan indeks kebutuhan dan bantuan. Melansir dari CNN Indonesia, Menkeu Sri Mulyani mengeluarkan dana sebesar Rp. 28,31 Triliun untuk PKH yang akan mereka keluarkan 3 bulan sekaligus mulai bulan Juli.

Dana yang PKH berikan akan berbeda-beda tergantung dengan indeks kebutuhan dan bantuan masyarakat. Untuk keluarga dengan anak usia dini atau ibu hamil, dana yang mereka dapat adalah sebesar Rp. 3 Juta, sedangkan keluarga dengan anak pendidikan SD mendapat Rp. 900 Ribu.

Setelah itu, keluarga dengan anak pendidikan SMP mendapat dana Rp. 1,5 Juta, sedangkan pendidikan SMA sebesar Rp. 2 Juta. Keluarga dengan anggota keluarga disabilitas serta lansia juga akan mendapat dana PKH sebesar Rp. 2,4 Juta.

  • Diskon Listrik

Pemerintah juga akan memberikan diskon pembayaran listrik kepada masyarakat hingga September 2021. Diskon listrik ini berlaku pada masyarakat yang memiliki listrik dengan besaran 450 VA dan 900 VA.

Berbeda dengan diskon listrik sebelumnya, besaran diskon listrik kali ini tidak akan sebesar sebelumnya. Untuk listrik tegangan 450 VA akan mendapat diskon 50% dari yang awalnya gratis dan rumah bertegangan 900 VA mendapat diskon 25% dari asalnya 50% dari tagihan. 

Pemerintah serta pihak PLN akan membatasi diskon ini pada 32,6 juta pelanggan PT. PLN Persero mulai bulan Juli ini.

 

  • Bansos Sosial Tunai

Pihak kementerian sosial serta Mensos, Tri Rismaharini, telah menyiapkan dana sebesar Rp. 300 Ribu tiap penerima. Dana ini Kemensos berikan demi menunjang kehidupan ekonomi pada masa PPKM Darurat dan akan mulai Kemensos distribusikan minggu ini.

Dana bansos ini akan Kemensos berikan pada total 10 juta penerima di wilayah PPKM Darurat. Masyarakat dapat mengambil Bansos Sosial Tunai di Kantor Pos terdekat. 

  • Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT)

Melalui BPNT, pemerintah akan salurkan dana bansos sebesar Rp. 200 Ribu perbulan pada penerima. Pemerintah akan menyalurkan dana ini pada total 18,8 juta penerima. Bantuan ini akan pemerintah salurkan via akun elektronik untuk membeli bahan pangan (E-warong) yang telah terhubung dengan bank.

Di Garut sendiri, Pemkab Garut akan salurkan dana bantuan pada masyarakat untuk menghadapi PPKM Darurat. Pemkab Garut sendiri akan mengeluarkan program Social Safety Net dan telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Dana ini akan pemerintah gelontorkan sebesar Rp. 600 Ribu pada tiap kepala keluarga. 

“Pemerintah pusat memberikan social safety net untuk Kabupaten Garut sebanyak kurang lebih 46 ribu orang, akan mendapatkan 1 bulan 300 (ribu), tapi diberikan dua kali untuk dua bulan. Jadi insya Allah pada minggu ke-2 masyarakat Garut sebanyak 46 ribu orang mendapatkan social safety net, yaitu dalam bentuk bantuan sosial 600 ribu per kepala keluarga,” ujar Bupati Garut, dalam arahannya saat pelaksanaan Apel Virtual di Command Center pada Senin (5/7).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *