Kereta Api Garut dan Komunitas Garut Rail Fans (GARAF)

  • Whatsapp
Stasiun Kereta Api Garut - Info Garut
Twitter @GarutRailfans

Hidup merupakan sebuah perjalan an untuk menyusuri setiap sudut kota dan cerita. Tentunya kita perlu sarana untuk mencapai tujuan dari sebuah perjalanan tersebut, dengan kereta api menjadi salah satunya. Kereta api merupakan kendaraan jalur darat yang membuat nyaman dan aman untuk isi dompet. Kecepatan jalan yang stabil, memberikan pengalaman untuk menikmati dari setiap sudut jendela.

Stasiun kereta pun dapat menjadi tempat nostalgia, bagaimana kita melihat orang yang berlalu-lalang menenteng tas, terduduk menunggu jadwal atau seseorang bahkan hadir hanya untuk melihat kereta melaju melalui rel. Tidak hanya itu, beberapa minat perihal kereta api pun muncul seperti pengetahuan sejarahnya, seni fotografi dan videografi, operasional kereta api yang sesuai dengan masing-masing individu.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Tak heran, hal tersebut dapat membuat segelintir orang mulai jatuh cinta pada dunia kereta api. Salah satunya dengan membentuk komunitas pecinta kereta api yaitu Rail Fans Indonesia. Garut pun mempunyai komunitas pecinta kereta api sendiri dengan nama Garut Rail Fans (GARAF).

Sejarah Garut Rail Fans (GARAF)

Sebelumnya, komunitas Garut Rail Fans (GARAF) bernama Nostalgia Kereta Api Cibatu (NKAC).  Forum komunitas facebooknya ada sejak 12 Juli 2009 dengan penggagasnya yaitu Asep Budiono yang akrab disapa kang Asep.

Anggota awal dari komunitas Garut Rail Fans (GARAF) ini adalah anak dari pegawai kereta api (keturunan keluarga) dan masyarakat yang menyukai kereta api, terlebih generasi yang pernah merasakan kejayaan kereta api Cibatu-Garut si Gombar. Melansir dari forum facebook NKAC ASGAR ( Anak Sepur Garut ), generasi ini mempunyai julukan anak kereta dan incu kereta yang mempunyai arti generasi menjelang berakhirnya jalur Cibatu-Garut pada awal tahun 80an.

Minat individu terhadap dunia perkeretaapian di Garut pun meningkat. Hal ini terlihat dari keanggotaan mereka mencapai 1000 orang lebih serta kabar reaktivasi jalur Cibatu-Garut pada penghujung tahun 2018. Sehingga anggotanya bersosialisasi secara masif kepada masyarakat.

Pada 10 Mei 2019, mereka membentuk komunitas lebih besar bernama Garut Rail Fans (GARAF) dan resmi pada 9 Februari 2020. Peresmian ini dihadiri oleh sesepuh pecinta kereta api, mang Irin, kepala desa Cibatu Dadang S. Ori, tokoh penulis kereta api Cibatu-Garut Tata Ansorie, tamu undangan dari komunitas Sahabat Kereta Api (SKA) Daop 2 Bandung dan anggota komunitas pecinta kereta api Garut di Cibatu.

Melansir dari hariangarutnews.com Senin (10/2/20). Komunitas Garut Rail Fans (GARAF) generasi baru ini juluki sebagai buyut kereta yang memberikan warna baru dalam dinamika forum komunitas tersebut.

Gabung Komunitas Garut Rail Fans (GARAF)

Komunitas Garut Rail Fans (GARAF) - Info Garut
Facebook Garut Railfans Official

Wargi Garut juga bisa langsung bergabung dengan forum komunitas facebooknya yang bernama “NKAC ASGAR ( Anak Sepur Garut )”. Aktivitas forumnya yaitu berbagi informasi, pengetahuan, kreatifitas, serta citizen journalism seputar perkeretaapian secara lebih dalam. Untuk mengetahui  aktivitas dari komunitas Garut Rail Fans (GARAF), wargi Garut bisa mengunjungi twitter @GarutRailfans dan facebook “Garut Railfans Official”.  Selamat menikmati keindahan Kereta Api Garut!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *