Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran, Jadwal Masuk Sekolah Diundur Jadi 12 Mei


Pemerintah melakukan langkah antisipasi kemacetan arus balik mudik Lebaran 2022 yang dipresiksi akan terjadi pada akhir pekan ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek Anang Ristato mengatakan, berdasarkan kalender pendidikan, seharusnya anak-anak kembali bersekolah pada Senin 9 Mei 2022.

Namun, setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan akibat kemacetan pada saat arus mudik Lebaran, pemerintah pun akhirnya memberikan tambahan waktu libur selama tiga hari.

Artinya, anak-anak seharusnya masuk sekolah pada Senin, 9 Mei 2022 menjadi Kamis, 12 Mei 2022.

"Kemendikbud Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," ujar dia dikutip dari KOMPAS.COM, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai, keputusan ditambahnya masa libur sekolah adalah langkah yang tepat.

Ia menyampaikan, langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka