BMKG Sebut Potensi Banjir Rob Terjadi di 17 Wilayah, Termasuk di Pesisir Selatan Garut



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi banjir rob di 17 wilayah pesisir Indonesia. Salah satu di antaranya akan terjadi di wilayah Pesisir Selatan Garut.

Peringatan potensi banjir pesisir atau banjir rob itu berlaku dari tanggal 14-20 Mei 2022. Karena itu masyarakat diimbau agar selalu waspada.



Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo memaparkan, potensi terjadinya banjir rob ini diakibatkan adanya fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi). 

Hal itu berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

“Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah,” kata Eko dikutip dari beritasatu.com, Selasa (17/5/2022).

Eko mengatakan kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," ujar dia.

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.