Lima Ciri Toxic People, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

Lima Ciri Toxic People, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

Istilah toxic people atau orang yang beracun ini pasti sering kamu dengar.  Secara tidak sadar, kamu dapat menemukan orang itu di lingkungan sekitar kamu. Bahkan mungkin kamu sendiri yang menjadi orang beracun bagi orang-orang di sekitar. Berurusan dengan orang seperti itu bisa jadi sulit dan menguras tenaga yang secara tidak langsung mendorong batasan yang telah kamu buat. Toxic people ini biasanya ada di berbagai hubungan seperti pasangan, keluarga bahkan hubungan dengan diri kamu sendiri.

Melansir dari laman psychologytoday.com, berikut beberapa sifat umum yang dapat menandakan bahwa seseorang termasuk toxic people:

1. Manipulatif

Orang manipulatif, membuat orang sekitarnya untuk melakukan apa yang dia inginkan. Semuanya tentang mereka dan menggunakan orang lain untuk mencapai apapun tujuan mereka. Tidak ragu untuk berbohong dan memberikan berjuta alasan jika kebohongannya diketahui.

2. Mudah menghakimi

Setiap orang dapat menghakimi dari waktu ke waktu, namun hal ini berbeda dengan toxic people yang hampir selalu menghakimi. Mereka mengkritik apapun yang tidak mereka setujui atau setujui alih-alih mempertimbangkan keadaan atau perasaan orang lain.

3. Tidak bertanggung jawab atas perasaan mereka sendiri

Sebaliknya, mereka meluapkan ke orang sekitar. Ketika kamu mencoba menunjukkan hal ini pada mereka, kemungkinan besar mereka akan mempertahankan perspektif mereka dan tidak bertanggung jawab atas semua hal yang mereka lakukan. Membuat kamu terasa buruk, bersalah serta berpengaruh pada cara pandang kamu terhadap dirimu.

4. Tidak meminta maaf

Orang yang beracun enggan meminta maaf karena mereka menganggap segala seuatu merupakan kesalahan orang lain. Mereka mencoba mengatur hubungan untuk memenuhi tujuan mereka sendiri dan mencoba mendapatkan simpati dengan menganggapnya diri sebagai korban.

5. Sering merendahkan

Ketika orang lain berhasil dalam sebuah pencapaian, toxic people secara tidak langsung membandingkan secara negatif dengan orang lain dan menjatuhkan. Mereka tidak senang atas keberhasilan orang lain selain dirinya sendiri.

Hal toxic memang tidak baik, namun biasanya toxic people ini tumbuh karena luka masa lalu tentunya ada faktor-faktor lain yang bisa menjadikan seseorang seperti itu. Hubungan sangatlah kompleks dan berurusan dengan orang-orang tidak lah mudah. Untuk berubah pun perlu ada kesadaran sendiri. Jika merasa berat untuk mengatasinya dapat menghubungi tenaga professional  ya!

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu