Mengenal "Aki Lengser", Si Bodor dalam Upacara Adat Pernikahan Urang Sunda


Budaya Sunda tak ubahnya selalu memberikan berbagai hal unik, salah satunya dalam hal upacara adat pernikahan. Di upacara adat pernikahan Sunda, terdapat satu tokoh sentral yang selalu menjadi pusat perhatian bernama "Aki Lengser". 

Ki Lengser adalah tokoh utama yang bertugas menyambut besan dari pengantin pria. Biasanya, Ki Lengser disandingkan dengan tokoh bernama "Ambu", wanita paruh baya yang mendampingi Ki Lengser. 

Menurut sejarahnya, sosok Ki Lengser merupakan simbol tetua di masyarakat yang berperan sebagai penasihat dalam pernikahan. Ciri khas dari sosok Ki Lengser ini adalah pakaiannya yang terdiri dari baju kampret,  celana pangsi dilengkap dengan sarung yang diikatkan di pinggangnya, dan ikat kepala (totopong).

Dalam prosesi upacara adat, Ki Lengser biasanya digambarkan dengan gigi ompong, gestur kakek-kakek dengan gerakan tari yang lucu, yang menyebabkan kehadirannya mengundang gelak tawa dari para penonton. 

Meski dihadirkan dengan karakternya yang lucu, sosok Ki Lengser ternyata sudah dihormati masyarakat sejak zaman dahulu. Nasihat-nasihat pernikahan yang dilantunkan Ki Lengser dalam upacara pernikahan, selalu menjadi amanat yang berarti bagi para pengantin dan tamu undangan. 

Data: Diambil dari berbagai sumber





1 Komentar :