Tahun Ini, Pemkab Garut Anggarkan Rp110 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak

Tahun Ini, Pemkab Garut Anggarkan Rp110 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak
Jalan Talaga Bodas di Wanaraja menjadi salahsatu jalur yang akan diperbaiki Pemkab Garut tahun 2023 ini.

Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan anggaran sebesar Rp110 miliar untuk perbaikan sejumlah ruas jalan di Garut.

Anggaran tersebut nantinya digunakan khusus untuk infrastruktur jalan dengan panjang sekitar 80 kilometer yang tersebar di sejumlah kecamatan.

"Kita ada di Rp110 miliar, khusus infrastruktur jalan, kita akan banyak, total seluruhnya sekitar 80 kilometer," kata Bupati Garut Rudy Gunawan seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (20/1/2023).

Bupati menyebutkan terdapat sejumlah ruas jalan yang akan diperpaiki tahun 2023 ini.

Seperti jalan utama menuju objek wisata pegunungan yakni jalur ke Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Kemudian jalan sepanjang 5 kilometer menuju objek wisata Talaga Bodas. Rudy mengatakan jalur tersebut secepatnya akan diperbaiki supaya pengunjung nyaman saat melintasi jalan tersebut.

Selanjutnya, kata Bupati, jalan utama menuju kawasan wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi juga secepatnya kondisi jalan akan mulus dilalui kendaraan bermotor.

"Insya Allah sebelum Lebaran, satu adalah menyelesaikan dari STM sampai yang sekarang itu Bagendit, itu mulus," katanya.

Selain jalur menuju wisata, Pemkab Garut sudah menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan utama lainnya termasuk perkotaan Garut. 

Bupati menyebutkan sejumlah ruas jalan yang ditargetkan akan dituntaskan sebelum Hari Raya Idul Fitri yakni melanjutkan perbaikan Jalan Samarang sampai Panunjuk, dan Jalan Sukawening sampai Cibatu.

Selain itu, Jalan Bungbulang menuju Mekarmukti, kemudian Jalan Tegal Gede menuju Condong, dan Karangsari, lalu sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Garut.

"Pusat kota ada beberapa ruas, dianggap satu kota itu satu ruas seperti Mandalagiri senilai Rp10 miliar untuk perkotaan," katanya.

Rudy menambahkan, selain infrastruktur jalan, pihaknya akan membangun Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan-jalan utama yang anggarannya berasal dari dana bantuan provinsi dan bagi hasil dengan provinsi.

"Jadi penerangan jalan di Garut itu sangat jelek pak bukan di Garut saja yah, itu hanya 12 persen dari ruas jalan yang diterangi, sekarang kita naikkan, ya dinaikkannya hanya 10 persen jadi 22 persen," katanya juga.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.