Tempat Rapid Tes Antigen COVID-19 di Garut

  • Whatsapp
Rapid Antigen - Info Garut
unsplash.com

Kini kita hidup berdampingan dengan pandemi dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Untuk mendeteksi paparan COVID-19 ini pun biasanya beberapa instansi ataupun transportasi umum memerlukan tes. Tes yang biasa digunakan yaitu Rapid Tes Antigen.

Melansir dari halodoc.com, tes Antigen merupakan tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Tes ini berkerja paling baik ketika orang tersebut di tes pada tahap awal tekena infeksi SARS-Cov-2 karena saat itu beban virus umumnya tinggi.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Rapid test antigen biasa disebut dengan swab antigen karena dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung. Setelah itu, orang yang sudah tes dapat menerima hasil diagnosis secara cepat hanya dalam waktu 15 menit.

Tes ini bermanfaat sebagai tes skrining di mana pengujian berulang dapat dengan cepat mengidentifikasi orang yang terinfeksi virus. Sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan. Apabila hasilnya positif, dokter masih perlu melakukan tes PCR untuk memastikan diagnosisnya.

Berikut beberapa tempat di Garut untuk melakukan tes antigen:

1. Puskesmas

Untuk detail lokasinya, wargi Garut bisa mengunjungi link ini. Harga kisaran 150rb-an, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi masing-masing media sosial puskemas yang akan dituju karena belum semua puskesmas tersedia. Adapun yang sudah tersedia seperti puskesmas Siliwangi, Pasundan, Cipanas, Tarogong Kaler dan Maripari.

2. Laboratorium Kimia Farma

Lokasinya di Jl. Kabupaten No.01, RT.1/RW.1, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151 untuk harganya kisaran 200rb-an. Wargi Garut bisa langsung pesan nomornya di Halodoc agar tidak terlalu mengantri.

3. Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Garut

Lokasinya di Jl. Cimanuk Jl. Pajajaran No.1, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44118 dan untuk harganya kisaran 200rb-an

4. Klinik Ruhma Asy-syifa

Lokasinya di Ngamplang, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44181 dan untuk harganya kisaran 250rb-an.

5. Klinik Mahesa Medical Center

Lokasinya di jln pedes, Jl. Cimanuk, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151 dan untuk harganya kisaran 300rb-an.

6. Klinik Baiturrahman

Lokasinya di Jl. Merdeka No.217, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151 dan untuk harganya kisaran 250rb-an.

7. Laboratorium Klinik Lotus

Lokasinya di Jl. Sukahaji-Wanakerta No.235, Keresek, Kec. Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44185 dan untuk harganya kisaran 250rb-an.

8. Rumah Sakit Nurhayati

Lokasinya di Jl. Jendral Sudirman No.6, Suci, Kec. Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44116 dan untuk harganya kisaran 250rb-an.

9. Rumah sakit TNI AD Tk. IV Guntur

Lokasinya di Jl. Bratayuda No.101, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44112 dan untuk harganya kisaran 200rb-an.

10. Rumah Sakit Intan Husada

Lokasinya di Jl. Suherman No.72, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151 dan untuk harganya kisaran 200rb-an.

Secara keseluruhan kisaran harga untuk rapid tes antigen sekitar 150-300rb di Garut dan mungkin harganya dapat berubah-ubah. Biasanya gratis untuk individu yang kontak erat dengan pasien positif di puskesmas. Namun syarat dan lainnya dikembalikan lagi pada kebijakan masing-masing instansi. Bagi wargi Garut bisa menambahkan juga untuk informasi lainnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *