Unik! Miracle Fruit Bisa Merubah Rasa Makanan Apapun Jadi Manis Dalam Sekejap

Rupa buah miracle fruit / foto : urbantropical.com

Dari semua jenis tumbuhan di dunia, beberapa dari mereka memiliki keunikan yang bisa membuat orang keheranan. Salah satunya yaitu buah miracle fruit atau magic fruit. Mendapat sebutan demikian karena kandungan dalam miracle fruit ini sanggup mengubah makanan masam menjadi manis legit seperti sulap atau magic.

Perubahan rasa makanan ini bisa kita rasakan setelah memakan magic fruit sebelumnya. Dalam sekejap rasa manis dari buah magic fruit menempel pada makanan sekecut apapun. Tidak hanya rasa asam, magic fruit juga bisa merubah makanan pahit, hambar dan lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Melansir dari alodokter.com, kemampuan merubah rasa ini berasal dari kandungan miracullin pada buah miracle fruit. Miraculin merupakan molekul protein yang bisa membuat lidah menciptakan sensasi rasa manis. Jadi, makanan apapun dengan rasa asam atau pahit akan terasa manis setelah memakan buah ini selama 15-60 menit.

Miracle Fruit Bisa Kita Tanam Sendiri

Perawatan buah yang berasal dari Afrika Barat ini ternyata mudah. Apalagi jika di tanam di daerah sejuk seperti Garut, tanaman ini akan cepat berbuah. Seperti pohon miracle fruit punya Dadan Ihsan Kurnia salah satu kolektor tanaman di daerah Kelurahan Sukajaya, Tarogong Kidul, Garut.

Dadan menjelaskan bahwa untuk merawat tanaman ini cukup mudah, seperti merawat tanaman lainnya. Nutrisi yang harus mereka dapatkan yakni air dua kali sehari dan dari pupuk kandang. Dadan juga biasa menambahkan mpk agar miracle fruit cepat berbuah.

“Kalo mau cepat berbuah diberi mpk satu bulan sekali,” tutur bapak dari tiga anak ini (10/11/2020).

Biasanya muncul ulat pada tanaman ini. Kendati ulat daun tidak mengganggu buah yang sudah matang, hama ini tetap harus kita buang. Karena ulat daun dapat menyebabkan bunga berguguran saat hendak berbuah sehingga produksi buah menjadi berkurang.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah ini. Salah satunya untuk mengakali anak ketika susah memakan obat atau sayur. Anak tidak akan menyadari rasa tidak sedap saat memakan obat atau sayur.  Dadan pun melakukan hal tersebut ketika anaknya sedang sakit. Hanya saja agar anak tebiasa memakan sayur tanpa bantuan miracle fruit, alangkah baiknya hanya memberikan buah ini saat mendesak saja.

Manfaat lain dari buah ini yakni bermanfaat untuk mengatasi dan menurunkan resiko diabetes. Magic fruit dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah melalui pencegahan resistensi insulin. Namun, perlu penelitian lebih lanjut akan hal tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *