5 Amalan yang Baik Dikerjakan Saat Malam di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Ilustrasi Ibadah Malam Saat Ramadhan (Sumber : istock)
Ilustrasi Ibadah Malam Saat Ramadhan (Sumber : istock)

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh setiap umat muslim. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dan keistimewaan.

Pada bulan Ramadan, semua amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka ditutup serta setan dibelenggu. Tentunya setiap umat muslim tidak ingin melewatkan kesempatan dalam meningkatkan kualitas ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Amalan baik saat malam bulan Ramadan bisa dijadikan momen meningkatkan ketakwaan dan menyucikan diri. Hal ini disebabkan karena pada malam bulan Ramadan, tidak hanya diri sendiri yang melakukan. Tetapi banyak orang berlomba-lomba turut melakukannya.

Diriwayatkan dari Abu Huraihah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa beribadah di malam Ramadan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka ia dihapus dosanya yang telah lampau.” (HR al-Bukhari).

Berikut 5 amalan yang bisa dikerjakan di malam hari selama bulan Ramadhan:

1. Shalat Tarawih
Menghidupkan malam-malam bulan Ramadan dapat dilakukan dengan mengerjakan qiyamul lail (salat malam) berupa salat tahajud seperti hadis riwayat Aisyah di atas. Dalam hadis lain disebutkan oleh Aisyah, “Aku selalu menyaksikan beliau beribadah selama Ramadan hingga menjelang subuh.” Seseorang dapat mengerjakan salat tarawih seusai salat isya, kemudian menunda salat witir untuk dikerjakan setelah tahajud, mengingat salat witir adalah salat penutup. Dimungkinkan pula, salat witir dikerjakan setelah tarawih, tetapi kemudian tidak mengerjakan witir setelah tahajud karena Nabi bersabda, “tidak ada dua witir dalam satu malam”.

2. Membaca Al-Qur’an
Baca Al Quran menjadi salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Meskipun saat hari-hari biasa membaca Al Quran juga berpahala besar, bahkan juga membuat rumah menjadi nampak bersinar. Nah, jika pada hari biasa bisa sedemikian hebat dampaknya maka meragukan keutamaan membaca Al Quran saat malam bulan Ramadan adalah kesalahan besar.

Perlu diketahui juga bahwa Al Quran ini diturunkan ketika bulan Ramadan. Jadi tidak heran jika pada saat bulan Ramadan Nabi Muhammad SAW lebih sering lagi membaca Al Quran.

3. Salat Tahajud
Nabi Muhammad SAW juga bersabda :

“Sesungguhnya Allah telah menfardu-kan puasa Ramadan dan aku telah menyunahkan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadan dan salat sunnah di malam harinya karena iman dan ihtisab, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Berzikir
Berzikir menjadi salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Tetapi bukan berarti saat pagi dan siang hari juga tidak diutamakan. Namun ketika banyak orang yang tertidur pulas di malam hari, kemudian kita memilih untuk berzikir kepada Allah SWT maka Allah akan begitu segan mendekati kita dan melindungi kita atas keridaan-Nya.

5. Taubat
Taubat merupakan salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Hal ini disebabkan karena mendekatkan diri kepada Allah SWT, merendahkan diri, dan mengakui segala perbuatan dosa di bulan suci adalah sebenar-benarnya iman. Allah SWT akan lebih mudah memberikan ampunan walaupun di hari biasa selalu memberi ampunan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *