Kisah Kelam Garut : Serangan Kelompok Bersenjata di Garut Tahun 1953


Terdapat kisah kelam mengenai Garut di mana kawasan Garut (sekitaran Garut Kota sekarang) termasuk Tarogong diserang oleh kelompok bersenjata. Penyerangan Garut oleh kelompok bersenjata atau sering disebut juga sebagai gerombolan terjadi pada tahun 1953.

Kejadian ini terjadi pada Minggu malam pukul 00.00, dimulai dengan suara tiupan terumpet para gerombolan mulai menyerang Garut dari tiga arah. Serangan ini termasuk serangan besar di mana para gerombolan mulai menyerang rumah warga.

Polisi dan Tentara-pun turun dan bertarung melawan gerombolan hingga para gerombolan dapat mereka taklukan. Dalam penyerangan ini sebanyak 23 rumah warga dibakar oleh para gerombolan senjata, dua warga sipil terbunuh dan dua warga sipil terluka. Para gerombolan juga mencuri harta benda yang tersimpan di rumah warga.

Layanan Informasi Publik Distrik Tarogong menghitung besar kerusakan yang disebabkan oleh gerombolan senjata ini. Total kerusakan yang terjadi akibat serangan kelompok bersenjata ini mencapai RP500.000 (nilai mata uang rupiah di tahun 1950-an di mana kurs dollar terhadap rupiah ada 7.6 rupiah per-satu dollar Amerika).

 

 

 

 

 

 

Sumber : Het nieuwsblad voor Sumatra 4 March 1953


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 21, Jun 2024
Curug Dengdeng di Cisompet Garut