Nostalgia Permainan Masa Kecil, Kamu Suka yang Mana?

  • Whatsapp
Permainan Masa Kecil - Info Garut
Permainan Lompat Tali | dictio.id

Kelahiran tahun 90-an tentunya sudah tidak asing dengan permainan masa kecil yang sering bermain secara kelompok ini. Permainan yang sangat sederhana dan asik, namun dapat membuat lupa waktu makan dan tidur karena saking serunya bermain dengan teman-teman. Tak jarang juga orangtua tua memarahi anaknya karena terlalu lama bermain sampai sore.

Berikut permainan masa kecil yang membuat nostalgia!

Bacaan Lainnya

banner 728x250
Petak Umpet

 

Permainan Masa Kecil - Info Garut
Permainan Petak Umpet | forescout.com

Petak Umpat ini dapat dimainkan dengan 5 sampai 10 orang bahkan lebih. Orang yang bertugas menutup mata atau yang menjaga tempat untuk melakukan hitungan tertentu biasanya mengundinya dengan hompimpa. Siapa yang kalah, dia yang harus menutup mata dan berjaga. Sisanya bersembunyi di tempat aman dan tidak terlihat. Orang yang pertama kali tertangkap, maka orang tersebut kalah dalam permainan ini dan bergantian menjaga serta harus menemukan persembunyian yang lain ketika petak umpet ini berakhir.

Sondah

 

Permainan Masa Kecil
Permainan Sondah | ayobandung.com

Sondah ini biasanya berlangsung di lapangan dengan menggambar kotak seperti bagian tubuh manusia pada tanah atau aspal. Setelah menggambar, pemain melempar lempengan batu atau serpihan keramik pada kotak terdekat secara bertahap sampai yang terjauh. Kemudian, pemain itu melompati satu persatu bagian kotak dan berbalik mengambil serpihan batu tersebut. Melakukan permainan dengan cara seperti itu tanpa mengenai garis kotak dan melemparkannya tepat pada kotak. Setelah melewati semua bagian, orang tersebut berhak memilih kubus dengan cara tidak boleh melihatnya saat melempar dan pemain yang lain tidak boleh menginjak area tersebut.

Lompat Tali

 

Permainan Masa Kecil - Info Garut
Permainan Lompat Tali | dictio.id

Lompat tali ini bisa dimainkan oleh cewek atau cowok dan biasanya cewek lebih handal untuk memainkannya. Tali yang menjadi alat bermain terbuat dari karet yang tiap untaiannya terdapat 2-3 karet untuk mencegah talinya putus. Cara mainnya dapat berkelompok dengan membagi orangnya secara rata. Awal untuk bermain lompat tali ini dari atas kepala sampai kaki untuk melakukan lompatan. Jika ada pemain yang tidak bisa melompat, maka salah satu pemain yang berhasil dapat melakukan lompatan untuk pemain yang tidak berhasil.

Gobak Sodor

 

Permainan Masa Kecil - Info Garut
Permainan Gobak Sodor | inibaru.id

Gobak sodor ini dimainkan oleh dua tim dengan minimal tiga orang dalam timnya. Salah satu tim bertindak untuk menghadang dan tim satunya harus berhasil lolos dari hadangan tersebut. Permainan ini membuat capek karena pemain harus memiliki kemampuan berlari yang baik dan cepat sehingga dapat melewati tim penghadang. Jika salah satu anggota tim tertangkap, maka akan menjadi tawanan dan tidak bisa bermain sampai permainan selesai.

Boy-boyan

 

Permainan Masa Kecil - Info Garut
Permainan Boy-boyan | Instagram @riyanfc

Boy-boyan ini dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masingnya membuat kesepakatan, kelompok mana yang akan main terlebih dahulu. Permainan ini berawal dengan menyusun ke atas beberapa batu lempeng atau pecahan genting yang biasanya berjumlah sepuluh buah. Kelompok yang bermain duluan, harus melempar bola atau kumpulan keresek yang berbentuk bola pada tumpukkan genting tersebut dengan jarak 10 meter. Jika pecahan genting tersebut runtuh, maka tim lain harus berlari menghindari bola dan mencuri kesempatan untuk menyusun kembali genting tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *