Olahan Aci Garut Yang Bikin Lidah Terkunci!

  • Whatsapp
Olahan Aci Garut - Info Garut

Siapa sih yang gak tau kuliner olahan aci Garut? Perpaduan rasa asin, manis dan gurih serta kekenyalan tiada tanding ini bikin lidah terkunci! Bagi wargi Garut, makanan aci atau tepung kanji ini pasti sering dijumpai di sudut pinggir kota. Bahkan makanan ini sepertinya sudah menjadi pelepas lelah wargi Garut dari aktivitas sehari-hari.

Seiring berkembangnya zaman, orang dari berbagai daerah selain Garut dapat merasakan kekenyalan dari makanan ini. Sebab, kini makanan berbahan dasar aci sudah tersedia di marketplace dan tersebar di seluruh Indonesia. Tentunya dengan packing aman serta masa konsumsi dari pengiriman yang cukup lama.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Hmm, kira kira apa aja sih kuliner dari aci yang bikin lidah terkunci?

Bakso Aci

Bakso Aci - Info Garut
Instagram @hobimakan_garut

Aci kenyal dengan kuah gurih serta topping lain seperti tahu kering dan pilus membuat lidah semakin ingin bergoyang!  Bakso aci yang ada di Garut biasanya berisi dengan potongan kecil daging ayam, keju, gajih, jando atau tulang rangu. Tetapi ada juga yang original atau tidak ada isinya.

Untuk toppingnya pun dapat kita pilih sendiri serta menyajikannya dengan mie instan. Tak lupa juga dengan menambahkan saos, sambel, kecap dan cuka agar lebih nikmat.

Cimol

Cimol - InfoGarut
Instagram @the_foodiary

Cimol merupakan kuliner berbahan dasar aci yang prosesnya melalui penggorengan minyak panas. Makanan ini merupakan akronim dari “aci digemol” yang artinya aci yang dibulat-bulat. Hal yang berbeda dari cimol ini biasanya adalah kematangan dari proses penggorengan.

Untuk pilihan bumbunya pun cukup beragam dari mulai pedas, asin dan jagung. Jenis cimol yang sedang naik daun saat ini yaitu cimol bojot. Proses penggorengan cimolnya secara setengah matang, lalu melumurinya dengan bumbu minyak cabe dan bawang goreng.

Citul

Olahan Aci Citul - InfoGarut
Instagram @vina_kitch

Citul merupakan akronim dari “aci tulang” yang mana ada dua bahan dasar dalam pembuatan makanan ini yaitu aci dan tulang. Aci yang membalut tulang ini membentuk seperti paha ayam. Bagian luar aci ini bisa ditambahkan tepung roti agar terkesan padat seperti nugget.

Bumbu yang digunakan bisa dengan bubuk lada, saos, dan vetsin (micin). Tulang yang digunakan pun biasanya ada sedikit daging dan tulang rangu untuk menambah lezatnya dari rasa citul.

Cibay

Olahan Aci Cibay - InfoGarut
Instagram @arfi_food

Cibay merupakan akronim dari “aci ngagebay atau ngambay” yang artinya aci yang menjuntai. Makanan aci ini hampir sama dengan citul karena memiliki luaran. Hal yang membedakannya dari cibay ini yaitu terbalut dengan kulit lumpia.

Jadi kulit lumpia sebagai luaran dan aci yang bentuknya seperti lem menjadi isiannya. Selain aci, ayam suwir dan beberapa potong bawang daun menjadi isian dari cibay. Untuk bumbunya seperti biasa dapat menggunakan vetsin (micin) dan lada bubuk.

Gimana, membayangkannya aja udah bikin ngiler bukan? Kira-kira yang mana makanan olahan aci favorit wargi Garut?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *