Orson Jeruk Garut, Oleh-oleh Baru yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Orson Jeruk Garut, Oleh-oleh Baru yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Jelang memasuki bulan suci Ramadan 2022, Kiki Gumelar salah satu pelaku usaha di Garut memperkenalkan minuman khas berupa orson.

Minuman segar yang dibuat dari Jeruk asli Garut itu sangat cocok dijadikan minuman sewaktu berbuka puasa yang kini tinggal menghitung hari.

"Saya luncurkan produk baru yang akan menjadi oleh-oleh baru khas Garut yaitu Orson Jeruk Garut," kata pemilik PT Tama Cokelat Indonesia produsen cokelat dan produk kuliner lainnya Kiki di Guah Gumelar, Selasa (29/3/2022).

Ia menyampaikan produk tersebut merupakan hasil inovasinya yang lahir saat bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak bagi pelaku usaha kuliner maupun pariwisata di Garut menjadi sepi akibat larangan berkerumun.

Ide awalnya, kata dia, setelah melihat potensi Garut yang tak hanya terkenal dengan produk dodol dan kuliner lainnya, tapi juga buah khas Garut, yaitu Jeruk.

"Garut itu punya produk unggulannya yaitu jeruk, saya ingin ada khas baru untuk Garut makanya saya buat sirup atau diberi nama Orson Jeruk Garut," katanya.

Ia mengatakan produk Orson Jeruk Garut buatannya itu akan mewarnai sentra oleh-oleh di Garut.

Ia berharap broduk barunya yang akan disuplai ke pasaran sentra oleh-oleh itu dapat memberi keuntungan bagi pelaku usaha yang selama dua tahun terakhir pendapatannya menurun akibat pandemi Covid-19.

"Sekarang ini ada momentum Ramadhan, dan Lebaran, apalagi pemerintah membolehkan mudik, maka harus kita sambut karena ini menjadi kebangkitan bisnis bagi pelaku usaha," katanya.

Tidak hanya varian Jeruk Garut, ada juga varian lain yang tak kalah segarnya yaitu Sirop Manggis.

Kiki menambahkan, produknya itu akan menjadi oleh-oleh khas garut, seperti halnya produk sirup yang berkembang di sejumlah daerah di Indonesia. Diharapkan produk khas Garut tersebut dapat diterima di pasaran wilayah Garut.

"Mudah-mudahan ini bisa dijual di sentra-sentra oleh-oleh, dan bisa menambah khazanah kuliner Kabupaten Garut," pungkasnya.

Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.