Tenun Ikat Sutra, Alternatif Oleh-Oleh dari Garut

Tenun Ikat Sutra, Alternatif Oleh-Oleh dari Garut

Tenun ikat memang merupakan warisan budaya yang populer di Indonesia bagian timur. Namun, bukan hanya Indonesia timur saja yang memiliki seni tenun ikat yang indah. Garut juga mempunyai kerajinan tenun ikat yang tidak kalah mempesona.

Biasanya, tenun ikat Garut terbuat dari sutra. Dengan bermacam motif dan warna, kain tenun ikat sutra Garut sangat cocok untuk pelengkap fashion dalam mode formal, semi-formal maupun non-formal.

Budaya tenun ikat merupakan warisan turun-temurun masyarakat Garut sejak dulu. Sayangnya, tradisi ini lambat laun punah seiring berjalannya waktu. Hal ini adalah akibat dari kurang populernya sentra tenun ikat di Kabupaten Garut pada saat itu.

Tidak banyak masyarakat awam yang mengetahui jika Kabupaten Garut juga memiliki kain tenun ikat dengan kualitas unggulan. 

Para pengrajin pun, beralih membuat tenun putihan, yaitu kain putih yang tidak berwarna-warni. Namun, karena harga kain putihan yang tidak seberapa, para pengrajin mulai kembali berinovasi dengan tenun ikat. Mereka berhasil menciptakan kain tenun cantik dengan motif yang bervariasi.

Kain tenun ikat Garut memiliki ciri khas warna-warna cerah. Motif yang para pengrajin gunakan biasanya berbentuk geometris dengan bunga-bunga berukuran besar. 

Untuk kualitas sendiri, tidak perlu diragukan lagi. Garut merupakan sentra penghasil benang sutra jempolan di Indonesia. Sehingga kualitas tenun ikatnya dapat bersaing dengan tenun ikat dari daerah lain. Bahkan, tenun ikat sutra Garut sering dilirik oleh beberapa fashion designer terkenal di Indonesia.

Di Garut, kain tenun masih para pengrajin buat secara tradisional dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), sehingga membutuhkan waktu cukup lama dalam pengerjaannya. Dalam satu hari, para pengrajin dapat membuat satu hingga dua meter kain tenunan. Harga yang para pengrajin tawarkan bervariasi, tergantung jenis motif dan panjang kain. 

Tenun ikat sutra Garut dapat ditemukan di daerah Garut secara langsung dan bisa dipesan secara online, lho. Bagaimana? Sudah siap berbelanja?

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu