4.000 Peserta Ramaikan MQT XLIV Tingkat Kabupaten Garut di Kecamatan Talegong


Sebanyak 4.000 peserta ramaikan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLIV tingkat Kabupaten Garut di Kecamatan Talegong, Senin (3/7/2023). pada acara yang berlangsung dari 3-7 Juni ini melombakan 10 cabang MTQ dengan 23 golongan.

 

mengutip dari keterangan resmi, Bupati Garut, Rudy Gunawan, membuka secara resmi pelaksanaan MTQ yang yang dilaksanakan di Alun-Alun Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut.

 

Dalam kesempatan ini Bupati Garut melantik Ketua Dewan Hakim yakni Dr. H. Sasa Sunarsa, MA dan Sekretarisnya yakni H. Endang Sutiana, S.Ag, beserta Panitera MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023.

 

Bupati Garut merasa bangga meski Kecamatan Talegong merupakan kecamatan yang jaraknya jauh dari pusat kota dengan demografi cukup sulit, namun Kecamatan Talegong bisa sukses melaksanakan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Garut.

 

Bupati pun memaklumi bila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Talegong untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah yang dihelat setiap dua tahun sekali ini.

 

"Tentu ya kekurangan kan ada, tapi kita ini kan kebersamaan, apalagi yang datang-datang kesini itu kebanyakan pernah mondok kalau peserta MTQ ini pernah mondok kan sudah biasa, jadi saya kira mereka nyaman termasuk semuanya nyaman lah," ucapnya.

 

Rudy mengatakan, bahwa kendala yang dihadapi oleh pihaknya salah satunya yaitu mengenai tempat menginap para peserta MTQ, di mana peserta yang mengikuti kegiatan ini hampir mencapai 4.000 peserta.

 

Ia menyebutkan bahwa setiap rumah yang ada di Kecamatan Talegong sendiri memiliki jarak yang berjauhan, meskipun begitu semua peserta merasa nyaman. "Saya kira kita harus memberikan kesempatan kepada daerah-daerah untuk menyelenggarakan event yang sangat besar seperti MTQ ini," ucap Rudy.

 

Menurutnya, MTQ ini dilaksanakan sekira 4 hari, sehingga dirinya mempercayakan kepada Kecamatan Talegong, dan ternyata berhasil. "Saya kira ini baik karena masyarakat kita ini gotong royong," imbuh Rudy.

 

Bupati Garut menerangkan, pembukaan MTQ kali ini merupakan pembukaan MTQ yang kelima kalinya ia buka selama dirinya menjabat sebagai Bupati Garut. Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas qori-qoriah di Kabupaten Garut.

 

Adapun Kabupaten Garut akan tetap konsisten membumikan Al-Qur'an, bukan saja menyangkut bagaimana membaca Al-Qur'an dengan baik, namun juga Al-Qur'an dijadikan sebagai pedoman hidup bagi masyarakat.

 

"Jadi saya sependapat dengan Ketua MUI bahwa Al-Qur'an ini sekarang itu harus dijadikan pegangan hidup yang diyakini itu adalah firman Allah. Itu bukannya sesuatu yang dihasilkan dari manusia, tapi itu adalah lahir dari Sang Maha Pencipta disampaikan oleh malaikat kepada utusan-Nya yaitu Muhammad Rasulullah SAW," ujarnya.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka