Asal Mula Cisewu Garut


Cisewu adalah sebuah kecamatan yang terletak di bagian Selatan ini merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pangalengan (Bandung). Kecamatan Cisewu ini merupakan daerah pertanian karena daerah ini memiliki kondisi tanah yang subur.

Sebagai daerah pertanian Kecamatan Cisewu dikenal sebagai daerah penghasil pisang, gula aren dan juga kelapa. Namun, tahukah para wargi bahwa sebelumnya daerah Cisewu dikenal disebut sebagai Ciangsara. Ciangsara ini berarti sebagai tempat penuh kesengsaraan.

Menurut sejarah yang diceritakan oleh keturunan Dalem Bintang daerah Ciangsara atau Cisewu ini disebut sebagai tempat penuh kesengsaraan dikarenakan wilayah tersebut dijadikan sebagai tempat pembuangan para tahanan Belanda. Selain itu, Ciangsara juga digunakan sebagai tempat persembunyian oleh para pejuang yang menentang penjajah Belanda.

Tempat persembunyian ini disebut sebagai daerah Pamubusan, nama Pamubusan ini kemudian masih digunakan sebagai nama suatu daerah hingga hari ini. Karena disebut sebagai daerah pembuangan para tahanan Belanda menjadikan Ciangsara terkenal sebagai daerah yang angker.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 21, Jun 2024
Curug Dengdeng di Cisompet Garut