Bejod, Kuliner Langka Khas Sunda Hasil Olahan Ampas Kecap Kedelai Hitam

Bejod, Kuliner Langka Khas Sunda Hasil Olahan Ampas Kecap Kedelai Hitam

Selain menjadi bahan penyedap rasa, dalam proses pengolahannya, ampas dari kecap kedelai hitam juga merupakan salah satu kuliner langka khas Jawa Barat. Kuliner tersebut dikenal oleh masyarakat Garut dengan sebutan Bejod.

Sesuai namanya, Bejod berasal dari limbah padat kedelai hitam yang diolah kembali menjadi bahan makanan. Ampas kecap satu ini biasanya diolah dengan teknik tumis. Dengan tampilan hitam pekat yang menggoda, cita rasa Bejod sendiri cenderung asin, sehingga saat dimasak kita tidak perlu lagi menambahkan bumbu penyedap  sebagai pelengkap.

Di beberapa wilayah, ampas kecap ini juga biasa diolah dengan teknik fermentasi. Hasil fermentasi sisa kedelai yang berwarna hitam itu kemudian ditumis dengan sejumlah bumbu kemudian dihidangkan dengan gulai kambing.

Selain menggugah selera, menurut keterangan masyarakat setempat, ampas kecap sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang menyehatkan. Kandungan di dalamnya memiliki kadar antioksidan yang tinggi, juga senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes melitus.

Hingga saat ini, beberapa masyarakat Sunda khususnya di Garut, masih menyajikan Bejod sebagai lauk pendamping makanan sehari-hari. Biasanya Bejod dihidangkan dengan irisan cabai dan disantap dengan nasi hangat.

Data: Diolah dari berbagai sumber


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.