Jurus Menteri Pertanian Jadikan Indonesia Sebagai Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Jurus Menteri Pertanian Jadikan Indonesia Sebagai Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kabupaten Garut menjadi salah satu produsen kopi terbesar di Jawa Barat. 

Hal itu dikatakannya saat meninjau nursey salah satu pusat pembibitan kopi di Cibuluh, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Minggu (28/8/2022).

Jawa Barat saat ini menjadi wilayah penghasil benih kopi nasional dengan total target produksi mencapai 3 juta batang tahun 2022. 

"Jawa Barat masuk sepuluh besar kawasan pengembangan Kopi di Indonesia," ujarnya.

Pada Januari-Maret 2022 total penanaman kopi di Jawa Barat mencapai 499.000 batang. Kemudian bertambah lagi pada April-Junuari 2022 sebanyak 1,01 juta batang, Juli-September 300.000 batang dan pada Oktober-Desember mencapai 900.000 batang.

Syahrul mendorong, produksi kopi di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Garut terus berkembang agar Indonesia bisa menjadi negara nomor satu penghasil kopi dunia.

Secara Nasional, kata SYL, luas areal kopi nasional pada Tahun 2021 mencapai 1,26 juta ha yang terdiri dari luas kopi Perkebunan Rakyat (PR) seluas 1,23 juta ha atau 98 persen dan Perkebunan Besar (PB) seluas 0,03 juta ha atau 2 persen. 

Inovasi bibit kopi harus dapat dikembangkan di berbagai daerah sehingga Indonesia yang saat ini menduduki posisi ketiga produksi kopi dapat dengan cepat menduduki posisi pertama di dunia ke depannya.

"Pengembangan kopi melalui produksi benih kopi harus diwujudkan sekaligus untuk memenangkan tantangan krisis pangan dan energi di masa depan. Ekspor kopi pun meningkatkan dan kopi kita nomor satu di dunia," tegasnya.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.