Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan yang Perlu Kamu Tahu

  • Whatsapp
10 Keutamaan Bulan Ramadhan - infogarut
10 Keutamaan Bulan Ramadhan (Sumber: pixabay.com)

Tahukah Anda bahwa 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah momen yang istimewa?
Keistimewaan 10 hari pertama bulan Ramadan sangatlah besar. Apalagi, 10 hari pertama bulan Ramadan ini merupakan fase terberat, di mana kamu baru beradaptasi untuk berpuasa. Tentunya 10 hari pertama ini juga memberikan berbagai keutamaan.

10 hari pertama di bulan Ramadan ini harus dimaksimalkan untuk mendapatkan pahala. Oleh karena itu, tidak hanya berpuasa kamu juga bisa melakukan amalam-amalan lainnya. Kamu dapat merutinkan amalan lainnya seperti membaca Al-Quran, bersedekah, dan membaca doa.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

1. Fase Adaptasi Fisik
10 hari pertama Ramadhan dinilai istimewa karena pada hari-hari tersebut, tubuh sedang beradaptasi dari kebiasaan makan dan minum di bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, banyak orang merasa bahwa 10 hari pertama puasa adalah momen paling berat dan penuh tantangan.

2. Terbukanya Pintu Ampunan dan Rahmat
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

3. Penuh Berkah dan Keberuntungan
Ramadhan adalah momen terbaik untuk umat muslim mendekat kepada Allah, meminta ampunan, dan memperbaiki amal ibadah. Sebab, selama bulan puasa, setan dikurung agar tidak memengaruhi manusia untuk berbuat dosa. Sehingga, setiap kebaikan yang dilakukan akan terasa lebih ringan.

Jangan lupa perbanyak membaca Al-Quran, melaksanakan ibadah salat subuh, salat sunnah, berdzikir, bersedekah, memperkuat silaturahim, saling memafkan, bersalawat, dan menolong sesama manusia yang membutuhkan. Niscaya, limpahan berkah dan rahmat Allah SWT akan sampai ke umatnya yang bersungguh-sungguh melakukan kebaikan selama bulan puasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *