Kisah Peninggalan Garut Tempo Dulu : Pabrik Belerang Wanaraja


Kabupaten Garut yang berdiri pada tahun 1813 dan sejak saat itu Pemerintah Hindia Belanda gencar membangun berbagai macam industri di Garut dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki oleh Garut. Salah satu pabrik yang didirikan di Garut adalah pabrik belerang yang terletak di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja.

Pabrik belerang ini dibangun pada tahun 1930 oleh warga negara Belanda. Belerang ini dialirkan dari Gunung Talaga Bodas ke Pabrik Wanaraja. Terdapat pipa dengan panjang belasan KM yang disangga oleh tiang-tiang yang kokoh. Pada saat itu belerang merupakan mineral memiliki niai ekonomi yang tinggi karena mineral ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar seperti kosmetik, pupuk hingga dijadikan sebagai vulkanisir untuk ban.

Pabrik belerang di Wanaraja ini merupakan pabrik yang besar dan disebut sebagai pabrik terbesar kedua di Garut setelah Pabrik Tenun Garut. Pabrik ini dapat mengelola banyak belerang. Selain belerang yang berasal dari Gunung Talaga Bodas, belerang dari Gunung Papandayan dan Gunung Patuha-pun dikelola di pabrik ini. Namun, seiringnya waktu berjalan pabrik ini kepemilikannya sempat berpindah tangan dan kemudian beralih fungsi menjadi sebuah pabrik keramik.

Saat ini pabrik belerang tersebut terbengkalai dan meninggalkan sisa bangunan pabrik yang sangat besar . Bangunan yang tidak terurus ini meninggalkan kesan yang menyeramkan. Saat ini aset bangunan pabrik belerang ini dikelola oleh PT. Agro Jabar dan dialihfungsikan menjadi tempat untuk mengembangkan berbagai macam jenis tanaman dan juga menjadi lahan perkebunan.

 

 

 

Sumber : Adrasa ID on Youtube


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 13, Jul 2024
Keseruan Garut Children Festival 2024