Meluangkan Waktu untuk Me Time, Seberapa Penting?

  • Whatsapp
Ilustrasi Me Time (Foto : Freepik)
Ilustrasi Me Time (Foto : Freepik)

Meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau yang lebih masyarakat kenal dengan istilah me time merupakan salah satu hal yang kita perlukan. Sayangnya, ini adalah sesuatu yang mahal, mengingat rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Kita terlalu sering dituntut untuk melakukan ini dan itu, sehingga lupa untuk fokus pada diri sendiri. Padahal, me time sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental.

Melalui me time, otak kita bisa beristirahat sejenak sehingga dapat mengurangi stress dan merevitalisasi tubuh. Selain itu, pikiran kita akan lebih jernih sehingga konsentrasi dan produktivitas akan meningkat. Kita juga bisa lebih mengenal diri sendiri sehingga dapat mengetahui apa yang benar-benar kita inginkan. 

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Me time juga dapat membantu meningkatkan skill problem solving (pemecahan masalah) karena kita terbiasa berpikir secara mendalam. Dengan meluangkan waktu sendirian, kita juga bisa lebih menghargai waktu bersama orang-orang tersayang dan memperbaiki hubungan dengan mereka.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri di tengah kesibukan memang sedikit sulit. Namun, bukan berarti itu tidak mungkin untuk kita lakukan. Cobalah untuk meluangkan waktu kurang lebih sepuluh menit untuk menarik diri dari rutinitas. Kamu bisa melakukan ini ketika pagi hari, ketika sedang break (istirahat), atau tepat sebelum tidur di malam hari.

Pada saat-saat tersebut, cobalah untuk mematikan telepon pintar dan fokus kepada diri kamu sendiri. Kamu bisa bermeditasi, melakukan peregangan kecil, atau diam dan tidak melakukan apa-apa.

Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktu setidaknya satu bulan sekali untuk memberi reward (penghargaan) untuk diri sendiri. Misalnya dengan berbelanja, merapikan kuku, membeli makanan favorit dan menghabiskannya sendiri, menonton film atau series favorit, dan kegiatan-kegiatan lain.

Ayo mulai memperlakukan diri sendiri dengan lebih baik mulai dari hari ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *