Menyusuri Keindahan Gunung Sagara Garut, Cocok Buat Pendaki Pemula

Menyusuri Keindahan Gunung Sagara Garut, Cocok Buat Pendaki Pemula

Mendaki menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak diminati akhir-akhir ini. Kabupaten Garut terkenal dengan keindahan gunungnya yang memukau. Selain itu, gunung-gunung di Garut juga lebih ramah bagi para pendaki pemula. Salah satunya adalah Gunung Sagara yang memiliki ketinggian 2.132 mdpl. 

Gunung Sagara terletak di Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut. Gunung ini  baru dibuka jalurnya sekitar tahun 2019. Sebelumnya, tidak ada pengelolaan dan hanya dikunjungi oleh warga lokal saja. Akses menuju gunung ini mudah, kamu bisa menggunakan motor atau bahkan angkutan umum. Pemandangan yang disuguhkannya sangat menarik. Dari atas puncak, kamu bisa melihat Talaga Bodas dan Pegunungan Galunggung. 

Untuk mencapai puncak, kamu harus melalui 4 pos pendakian. Pada pos 1, kamu bisa menemui warung kecil yang menyuguhkan makanan ringan. Pada pos 3, terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dengan kapasitas kira-kira 7 tenda. Namun, biasanya para pendaki akan berkemah di pos 4 karena di situlah area kemah. Dari pos 4 menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Total perjalanan dari basecamp menuju puncak diperkirakan membutuhkan waktu 3-4 jam. 

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau. Kamu bisa menemukan tumbuhan kantong semar di jalur pendakian. Di puncaknya, selain kamu bisa melihat Talaga Bodas, jika cuaca cerah kamu bisa memandang gunung tertinggi di Jawa Barat, yaitu Gunung Ciremai dari arah timur laut. 

Gunung Sagara cocok didaki bagi pendaki pemula. Untuk memasuki kawasan Gunung Sagara, kamu cukup membayar tiket Rp10 ribu dan biaya parkir motor Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu. 

Udaranya yang bersih dari polusi, dengan pemandangan sekeliling yang memanjakan mata akan membuatmu terpana dengan panoramanya yang begitu menakjubkan. Kamu bisa menikmati samudra awan di atas puncaknya yang begitu indah. Jadi, kapan nih Warginet mau ke Gunung Sagara?


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.