Perbedaan Sibuk vs Produktif, Kamu yang Mana?

  • Whatsapp
Sibuk vs Produktif - Info Garut
Ilustrasi orang-orang yang sibuk | Anna Dziubinska - unsplash.com

Banyaknya kegiatan sehari-hari menjadikan kita orang sibuk. Menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang banyak dan hampir tidak memiliki waktu luang untuk istirahat. Tentunya kata sibuk dan produktif mempunyai makna yang berbeda. Sering kali orang berkata bahwa dia sibuk dengan pekerjaannya. Namun ketika kamu sedang sibuk apakah tetap produktif juga? Jadi bagaimana perbedaan sibuk vs produktif?

Berikut perbedaan mendasar mengenai sibuk vs produktif:

1. Prioritas dalam bekerja

Orang yang sibuk cenderung untuk memasukkan semua kegiatan menjadi prioritasnya. Berbeda dengan orang produktif yang akan menilai dan memilih kegiatan yang lebih penting.

2. Ketegasan saat dihadapkan dengan hal lain

Orang yang produktif tahu kapan untuk bilang ”tidak” dan kapan bilang ”iya” saat dihadapkan pada hal lain yang tidak sesuai. Seseorang yang sibuk, cenderung mengatakan iya untuk banyak pekerjaan meskipun tidak penting.

3. Berpikir dan bertindak

Seseorang yang mempunyai kebiasaan sibuk kerja akan cenderung bertindak dahulu tanpa berpikir. Orang produktif sebaliknya, mereka akan memikirkan terlebih dahulu untuk segala kemungkinan yang akan terjadi.

4. Fokus atau multitasking

Berfokus pada satu pekerjaan dalam suatu waktu  merupakan ciri dari orang produktif. Orang sibuk kebanyakan akan multitasking untuk mengerjakan jenis pekerjaan dalam satu waktu yang mana hasilnya mungkin kurang optimal.

5. Tujuan hidup

Orang yang produktif akan selalu memiliki tujuan saat bertindak dan beraktivitas sementara orang yang sibuk terkadang hanya sekadar memenuhi tanggung jawab dan tidak ada tujuan tertentu.

Menjadi orang yang mempunyai banyak kegiatan memang tidak apa-apa tetapi tetap tahu apa yang menjadi prioritas serta tahu kapan istirahat. Hal ini juga membantu dalam menyeimbangkan antara perkerjaan dan kehidupan personal. Sibuk vs produktif, jadi kamu yang mana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *