Begini Cara Kelola Limbah Masker Bekas Pakai


Salah satu protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan adalah pemakaian masker untuk meminimalisir infeksi penularan COVID-19. Saat ini penggunaan masker mengharuskan ganda. Seperti memakai masker langsung 4-5 lapis seperti KF94 atau KN95. Bisa juga menggunakan masker sekali pakai dengan menambah balutan masker kain sebagai luarannya. Tentunya banyak orang yang menggunakan masker sekali pakai agar dapat langsung membuangnya. Masker tersebut sangat besar kemungkinan terpapar virus dan akan mudah untuk tertular dengan benda sekitarnya. Maka perlunya kita memahami cara pengelolaan limbah masker bekas pakai dengan tepat.

Berikut cara kelola limbah masker bekas pakai:

1. Kumpulkan Masker Bekas Pakai

Pertama, kumpulkan masker bekas dengan plastik atau di tempat yang aman.

2. Lakukan Disinfeksi Pada Masker

Kedua, rendam masker tersebut dengan larutan disinfektan, klorin, atau pemutih.

atau

3. Ubah Bentuk Masker

Ketiga, opsi lain dari merendam adalah dengan merusak tali pengait dan robek bagian tengahnya sehingga tidak dapat digunakan ulang atau bahkan dijual kembali oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

4. Buang ke Tempat Sampah

Keempat, buang ke tempat sampah tentunya terbungkus dengan aman.

5. Cuci Tangan

Terakhir, selalu cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun serta handsanitizer setelah menyentuh benda-benda yang kemungkinan besar menjadi sumber penularan virus.

Pakai masker, sarung tangan dan cuci tangan dengan sabun untuk keselamatan saat tangani limbah masker. Perlunya pengelolaan dengan bijak agar tidak menimbulkan dampak berbahaya dan beracun bagi kesehatan manusia serta lingkungan.

Sumber: covid19.co.id

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.