Lais: Kesenian Asal Garut Yang Menegangkan

Lais: Kesenian Asal Garut Yang Menegangkan

Lais merupakan sebuah penampilan akrobatik asal Garut yang membutuhkan keterampilan dengan melibatkan keseimbangan, ketangkasan dan koordinasi motorik. Kesenian Lais ini dapat membuat penonton berdecak kagum dan ikut merasa tegang! Kenapa tidak? karena kesenian Lais ini mengajak penonton untuk melihat seorang pemain, bermain hanya menggunakan seutas tali tambang dengan panjang 6 meter yang membentang antara dua batang bambu dengan ketinggian 9 sampai 12 meter.

Seorang pemain kesenian ini dapat bersantai, berjalan, tiduran dan juga memotong buah kelapa dengan goloknya tanpa menggunakan pengaman. Hanya dengan seutas tali dan posisi yang cukup tinggi di atas permukaan tanah! Sangat menegangkan bukan?

Asal Mula Seni Lais

Melansir dari digarut.com, seni Lais ini pertama kali berkembang di kecamatan Sukawening Garut, sekitar tahun 1900-an. Seni ini terinsipirasi dari cara Pak Laisan seorang pemanjat pohon kelapa yang mana cara mengambilnya sangatlah berbeda.

Pak Lais hanya memanjat pohon kelapa sekali untuk mendapatkan buah kelapa. Ketika ingin memanjat dari pohon ke pohon selanjutnya, beliau tidak langsung turun. Namun, beliau mencari pelapah pohon kelapa dan berayun berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya untuk mendapatkan buah kelapa. Caranya yang unik, menjadikannya kesenian Lais dengan beberapa modifikasi.

Pementasan Lais juga diiringi tabuhan seperti terompet, kendang, dog-dog, kempul serta sorak-sorai penonton yang sedang menyemangati pemain yang sedang tampil. Penampilan Lais ini berawal ketika mereka memancangkan dua batang awi gombong (bambu berbumbung besar) di tanah serta mengikatkan tali tambang ke dua ujung bambu yang sudah berdiri itu. Kemudian seorang pemain memanjat bambu tersebut seperti seekor kera yang menggunakan kedua tangan dan kaki.

Selain pemain Lais, pawang atau pemimpin pementasan pun hadir di bawah untuk berdialog bersama pemain Lais yang sedang beraksi. Humor yang diselipkan dalam percakapan mereka serta tingkah pemain Lais yang lucu sukses menggelak tawa penonton.

Terkadang, aksi pemain Lais yang tiba-tiba seakan terjatuh di atas seutas tali tersebut membuat detak jantung penonton seperti terhenti seketika! Pemain Lais selalu mempersiapkan latihannya secara maksimal untuk memberikan penampilan terbaik kepada penonton.

Apakah wargi Garut masih sering menemukan kesenian Lais ini?

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu