Reaktivasi Jalur Kereta Api Mimpi Besar Jabar Kembangkan Daerah Selatan

Reaktivasi Jalur Kereta Api Mimpi Besar Jabar Kembangkan Daerah Selatan

Mengembangkan wilayah selatan dengan mereaktivasi (Mengaktifkan) kembali jalur kereta api adalah mimpi besar Jawa Barat dalam memberikan pelayanan transportasi massal. Mimpi ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sampaikan langsung saat meninjau tahap akhir reaktivasi Stasiun Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil, menjelaskan semua jalur kereta api termasuk jalur lama seperti arah Jatinangor harus aktif kembali. Pada kesempatan itu juga ia telah mendiskusikannyaa bersama Direktur Utama PT KAI terkait pengembangan rel kereta api di daerah lainnya.

“Pokoknya, mimpinya semua jalur yang visibel termasuk jalur lama tadi ke arah Jatinangor, Cicalengka, Ciwidey itu harus beres. Tadi di jalan kami berdiskusi dengan Pak Direktur, rencana-rencana pengembangan ‘track-track’ lainnya termasuk mimpi besar di Jabar selatan,” katanya.

Menurut dia masyarakat Indonesia sudah seharusnya lebih mencintai kereta api sebagai transportasi massal selain transpormasi darat jenis lainnya. Kang Emil bealasannya, karena kereta api memiliki keistimewaan seperti melewati tempat-tempat yang luar biasa, tidak terjebak kemacetan, dan ongkosnya terjangkau.

“Indonesia harusnya lebih mencintai kereta api ya, ketimbang mobil dan sebagainya karena bisa melintasi tempat-tempat yang luar biasa tanpa macet dan harganya sangat-sangat terjangkau,” katanya.

Terkait targetnya ini, Kang Emil menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengkaji dan jajaran PT KAI tengah mengupayakannya.

“Masalah kapan pembangunan ini terlaksana, nanti kita tunggu takdir, tapi saya mau ikhtiar sebagai pemimpin,” katanya.

Tags:

Komentar

Foto Mobidu

mantappp

Mobidu
Kontributor

4 bulan yang lalu

Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu