Sondah, Permainan Tradisional Sarat Makna

Sondah, Permainan Tradisional Sarat Makna

Sondah mandah, atau engklek, merupakan permainan tradisional anak-anak yang sangat populer, setidaknya hingga awal tahun 2000-an. Tidak hanya di Jawa Barat, masyarakat Indonesia lainnya juga mengenal sondah, meskipun dengan nama yang berbeda.

Orang Batak mengenal permainan tradisional ini dengan nama Picek' baju, sedangkan orang Lampung menyebutnya Taplak. Tidak hanya di Indonesia, masyarakat Eropa dan Amerika Selatan juga memiliki permainan tradisional sejenis sondah. Masyarakat Brazil menyebut permainan tradisional ini dengan nama amarelinha, sedangkan orang Inggris mengenalnya dengan nama hopscotch.

Sayangnya, kepopuleran sondah semakin ke sini semakin tergerus zaman. Eksistensi permainan tradisional, dengan cepat tergantikan oleh permainan digital yang dianggap lebih modern dan cepat. Padahal, sondah adalah budaya memiliki makna yang sangat indah.

Sondah berasal dari kata Zondag Maandag yang dalam Bahasa Belanda berarti "Senin Minggu". Tujuh kotak yang digambar di atas tanah, menunjukkan tujuh hari, dari hari Senin hingga hari Minggu. Selain itu, kotak-kotak tersebut juga memiliki arti dari bumi hingga surga.

Permainan ini mengandung makna jika anak-anak perlu berusaha keras untuk melewati hari-harinya. Dengan cara mengangkat satu kaki dan melompat ke kotak-kotak yang telah mereka gambar sendiri, menggambarkan usaha keras anak-anak untuk mendapat tempat di bumi dan juga di surga.

Permainan sondah juga memiliki nilai perjuangan. Mereka belajar menyepakati aturan untuk memperoleh pijakan. Melalui sondah, anak-anak belajar untuk berjuang membangun rumahnya dengan cara bersaing secara adil.

Selain itu, sondah juga memiliki manfaat untuk melatih motorik kasar anak. Dengan banyak bergerak, tubuh anak akan menjadi lebih sehat. Hal itu akan berdampak pada daya tahan tubuh anak yang akan menjadi lebih kuat.

Bagaimana? Sudah siap kembali bermain sondah?

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu