Tips Menjalani Diet Sehat Agar Berat Badan Ideal

Tips Menjalani Diet Sehat Agar Berat Badan Ideal
[caption id="attachment_2561" align="aligncenter" width="200"]Ilustrasi Diet Sehat (Foto : Hello Sehat) Ilustrasi Diet Sehat (Foto : Hello Sehat)[/caption]

Diet merupakan salah satu cara yang masyarakat lakukan untuk menjaga berat badan ideal. Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki persepsi salah tentang diet. Diet bukan hanya tentang mengurangi porsi dan jenis makanan, namun ada panduan khusus yang perlu diterapkan. Karena, jika strateginya salah, maka itu akan menjadi bumerang bagi tubuh. Lalu, bagaimana cara menerapkan diet sehat? Simak penjelasannya!

1. Hitunglah kebutuhan jumlah kalori

Setiap tubuh memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Ini tergantung usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, aktivitas keseharian, dan kondisi kesehatan. Kebanyakan, ahli gizi menghitung jumlah kebutuhan kalori dengan Rumus Harris-Benedict. Cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

  • Laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) - (5,68 x usia dalam tahun)
  • Perempuan: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) - (4,33 x usia dalam tahun)

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dikalikan dengan jumlah aktivitas harian. Rentan angkanya ada di antara 1,2 hingga 1,9. Semakin tinggi intensitas aktivitas, maka semakin tinggi pula angkanya.

Mengonsumsi kalori yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat tubuh berfungsi dengan normal. Jadi, ini adalah langkah pertama untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu membakar kalori lebih banyak dari yang kamu konsumsi. Salah satu caranya adalah dengan olahraga.

2. Aturlah porsi makan

Idealnya, kamu perlu mengonsumsi 25% sumber protein, 25% sumber karbohidrat, dan 50% sayur dan buah warna-warni. Batasi konsumsi makanan berlemak dan mengandung gula tinggi di malam hari agar berat badan tidak melonjak drastis.

3. Makan secara teratur

Banyak orang yang menganggap jika melewatkan waktu makan bisa menurunkan berat badan. Namun nyatanya, melewatkan waktu makan bisa membuat kita lebih cepat lapar. Selain itu, kandungan gula dalam tubuh juga akan naik-turun sehingga menyebabkan stress. Pastikan untuk makan tiga kali sehari, atau enam kali jika kita mengonsumsi makanan dengan porsi kecil. Hal yang paling penting adalah menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi.

4. Makan dengan perlahan, dan berhenti ketika sudah tidak merasa lapar

Menurut penelitian, makan secara perlahan dapat membuat kamu merasa kenyang dengan lebih cepat. Para ahli menyatakan jika rasa kenyang muncul sebagai salah satu indikator kepuasan setelah seseorang makan. Lalu, usahakan makan hingga tidak terasa lapar. Hal ini untuk menghindari kelebihan energi yang nantinya akan tubuh simpan dalam bentuk lemak.

Itulah tips diet sehat agar berat badan ideal. Semoga membantu!

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu