Savana Tegal Panjang Surga Dunia di Garut

Savana Tegal Panjang Surga Dunia di Garut

Bentangan savana hijau yang luas dan menampakan keindahan alam yang memesona berhasil menarik perhatian para wisatawan. Savana itu adalah Tegal Panjang yang ada di area Papandayan, Garut. 

Bentangan savana ini menyajikan pemandangan lembah yang dipagari hutan hujan yang lebat, berlapis pegunungan yang menjulang. Rerumputannya yang hijau bergoyang diterpa hembusan angin. Pohon-pohon dengan dahan khas yang meliuk menjadi hiasan eksotis di tengah padang Tegal Panjang.

Keindahannya yang memukau itu tak jarang membuat Tegal Panjang digadang-gadang sebagai surga dunia. Namun, Tegal Panjang tidak dibuka untuk umum karena Tegal Panjang adalah cagar alam yang dilindungi.

Berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kehutanan No. 226/kpts/1990 tanggal 1990/08/05, dijelaskan bahwa Tegal Panjang merupakan salah satu kawasan cagar alam yang ada di Jawa Barat. Di dalamnya terdapat kekayaan flora dan fauna yang dilindungi. Tegal Panjang tidak diperuntukkan sebagai tempat wisata atau kegiatan lainnya yang bersifat komersil. Ketika akan memasuki kawasan cagar alam ini, harus mendapatkan simaksi dari pihak BKSDA. 

Keindahan Tegal Alam hanya boleh dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan yang berkaitan dengan penelitian, bukan hanya untuk liburan atau cuci mata melepas bosan. Tegal Panjang yanga digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan peningkatan kesadartahuan konservasi alam, penyerapan dan/atau penyimpanan karbon, dan pemanfaatkan sumber plasma nutfah untuk penunjang budidaya. 

Untuk mencapainya memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Lanskap alamnya yang berbentuk lingkaran memanjang tak beraturan dengan sekeliling hutan belantara, sehingga wisatawan harus melintasi gunung, lembah, dan hutan untuk sampai bisa tiba di lokasi. 

Terdapat dua jalur untuk bisa mencapai Tegal Panjang, yaitu melalui Gunung Papandayan dan Pangalengan. Keduanya memerlukan waktu 6 jam tracking melintasi gunung dan hutan dari desa terdekat. 

Untuk wisatawan yang ingin merasakan pemandangan alam yang lebih beragam, disarankan mengambil jalur Papandayan. Namun, trek yang dilalui pun lebih terjal sehingga harus lebih matang persiapannya. 

Tidak perlu khawatir dengan sumber air karena Tegal Panjang dilalui sungai dengan aliran yang jernih. Kamu bisa mendirikan tenda di ujung barat Tegal Panjang karena bersisian langsung dengan hutan. Tempat tersebut merupakan lembah tertinggi di Tehal Panjang sehingga kamu bisa melihat bentangan savana secara utuh.

Jika kamu berencana untuk mendatangi Tegal Panjang, persiapkan diri sebaik mungkin dan menjaag kebersihan untuk menjaga keasrianya ya! 

 

Foto: Wikipedia/Kerildoank


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.