Toponimi Kabupaten Garut


Tahukah para warginet bahwa sebelum Kabupaten Garut berdiri ada Kabupaten Limbangan yang pada tahun 1811 dibubarkan oleh Gubernur Jenderal Willem Daendels dikarenakan turunnya produksi kopi hingga nihil dan Bupati Limbangan menolak untuk menanam nila.

Kemudian di tahun 1813 ketika Hindia Belanda dipimpin oleh Gubernur Thomas Stamford Raffles ia memerintahkan untuk mendirikan kembali Kabupaten Limbangan dengan ibu kotanya Suci. Bupati Limbangan saat itu, Adipati Adiwijaya menyebutkan bahwa wilayah Suci sudah padat dan tidak memiliki sumber air, sehingga tidak cocok untuk dijadikan sebagai ibu kota.

Akhirnya Adipati Adiwijaya membentuk kelompok yang bertujuan untuk mencari daerah yang cocok untuk menjadi ibu kota lImbangan . Sejauh 5 KM dari arah bBarat Suci ditemukan daerah yang memiliki mata air yang berasal dari Sungai Cimanuk dan memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Galunggung, Gunung Talaga Bodas dan Gunung Karacak.

Sumber mata air tersebut membentuk sebuah kolam yang ditutupi oleh semal belukar, ketika seoran panitia yang merupakan orang Belanda tergores tangannya karena tanaman tersebut. Saat ditanya oleh temannya, ia yang terluka tangannya menyebutkan bahwa tangannya “Gagarut” hingga akhirnya daerah tersebut diberi nama Garut.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 21, Jun 2024
Curug Dengdeng di Cisompet Garut