10 Genre Musik Populer, Favorit Kamu Yang Mana?


[caption id="attachment_2122" align="aligncenter" width="200"]Ilustrasi Musik (Foto : Kompas) Ilustrasi Musik (Foto : Kompas)[/caption]

Musik populer merupakan jenis musik yang menjadi gandrungan masyarakat awam di era sekarang. Biasanya, musik populer sesuai dengan keadaan zaman sehingga cocok di telinga sebagian besar masyarakat. Musik jenis ini ada di hampir seluruh belahan dunia karena sifat musiknya yang mudah untuk didengar (easy listening). Terdapat 10 genre musik populer yang paling masyarakat kenal, berikut ulasannya!

Musik Pop

Musik pop merupakan genre musik yang berasal dari rock and roll dalam bentuk modern. Genre ini lahir pada tahun 1950-an. Musik bergenre pop adalah musik yang paling populer di masa sekarang, sehingga banyak menjadi komersial. Sebagai genre, musik pop sangat eklektik. Dalam musiknya, musik pop sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country.

Musik Blues

Blues merupakan genre musik yang berasal dari masyarakat Afro-Amerika. Musik ini lahir pada akhir abad ke-19. Biasanya Blues berasal dari lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan, dan narasi sederhana yang berirama balada. Istilah Blues pertama kali dipakai pada tahun 1798 pada Blues Devil yang berarti melankolis dan kesedihan.

Musik Jazz

Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat. Aliran jenis ini lahir pada awal abad ke-20 dengan mengakar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz biasanya banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Beberapa elemen paling penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Musik Gospel

Gospel merupakan genre musik dengan vokal yang mendominasi. Biasanya, musik jenis ini memiliki tema Kristen. Masyarakat Afro-Amerika adalah mereka yang mengenalkan aliran musik ini. Pada masa kini, masyarakat lebih mengenal musik Gospel sebagai musik rohani.

Musik RnB

RnB yang berarti Rhythm and Blues merupakan genre musik yang menggabungkan Jazz, Gospel, dan Blues. Masyarakat Afro-Amerika merupakan musisi yang mengenalkan genre ini pada dunia. Istilah ini pertama kali dipakai untuk keperluan komersial pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard.

Musik Funk

Funk merupakan aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afro-Amerika. Umumnya musik funk memiliki ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, dan perkusi yang dominan. Musik Afrika sangat mempengaruhi aliran ini. Kesan gembira sangat terasa ketika mendengarnya.

Musik Rock

Rock merupakan aliran musik yang populer sejak tahun 1950-an. Musik aliran ini memiliki bunyi khas dari gitar listrik atau gitar akustik. Penggunaan back beat juga yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass, drum, keyboard, piano, dan synthesizer

Musik Metal

Metal merupakan aliran musik yang lebih keras dari Rock. Genre Metal biasanya memiliki vokal ala scream (teriakan), growl (geraman), dan pigsqueal (menirukan babi yang kesakitan). Terdapat banyak sub-genre metal seperti hardcore, post-hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, electronic hardcore dan lain-lain.

Musik Reggae

Reggae merupakan aliran musik yang berkembang di Jamaika pada tahun 60-an. Basis reggae terdapat pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi yang disebut sebagai skank. Kebanyakan dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar. Biasanya juga ada penekanan pada ketukan ketiga dengan gitar rhythm.

Musik Hip Hop

Hip Hop merupakan aliran musik yang lahir sekitar tahun 1970-an. Musik aliran ini berkembang di tengah kebudayaan masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari Rapping, DJing, Breakdance, dan Graffiti.

Berikut adalah 10 genre musik populer. Favorit kamu yang mana?

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.