30 Ide Deskripsi Ekstrakurikuler Pramuka untuk Rapor SD
Daftar Isi
- Kumpulan Deskripsi Ekskul Pramuka di Rapor SD
- Ulasan tentang Kedisiplinan Siswa
- Ulasan tentang Keaktifan Siswa sebagai Anggota Pramuka
- Ulasan tentang Partisipasi dan Keberanian Siswa
- Ulasan tentang Kerja Sama dan Toleransi Siswa dalam Kelompok Pramuka
- Penilaian tentang Sikap Spiritual dan Sosial Siswa
- Penilaian tentang Kemampuan Baris Berbaris (PBB) Siswa
Kegiatan Pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler wajib bagi murid-murid SD. Ekskul ini biasanya mengambil jadwal di luar kegiatan belajar-mengajar (KBM). Peserta akan mempelajari dasar-dasar Dasar Dharma, sejarahnya, baris-berbaris, hingga aktivitas bermain edukatif mengenal alam.
Nantinya, para siswa anggota Pramuka akan dinilai soal kedisplinan, keaktifan, hingga kemampuan baris-berbaris. Adapun nilai tersebut akan dicantumkan dalam rapor mereka.
Jika Warginet masih bingung bagaimana membuat ulasan rapor Pramuka, artikel ini menyajikan berbagai template penulisan deskripsi rapor Pramuka. Simak contoh-contoh deskripsi Pramuka yang singkat untuk rapor SD di bagian berikut!
Baca Juga: 30 Contoh Catatan Wali Kelas untuk Peringkat 1 sampai 3 yang Memotivasi hingga Menyentuh Hati
Kumpulan Deskripsi Ekskul Pramuka di Rapor SD
Ulasan tentang Kedisiplinan Siswa
- (Nama siswa) mohon untuk melengkapi atributnya selama mengikuti kegiatan Pramuka, ya.
- (Nama siswa) menunjukkan kedisiplinan yang baik selama mengikuti kegiatan Pramuka.
- Ananda (nama siswa) selalu aktif mengikuti kegiatan rutin Pramuka. Namun, beberapa kali atribut Pramukanya tidak lengkap.
- Mohon untuk belajar lebih disiplin datang tepat waktu agar tidak terkena teguran Kakak Pembina terus, ya.
- Ananda (nama siswa) sudah menunjukkan sikap disiplin dalam atribut dan sikap sebagai peserta Pramuka.
Ulasan tentang Keaktifan Siswa sebagai Anggota Pramuka
- Selama kegiatan Pramuka berlangsung, (nama siswa) berpartisipasi aktif dalam seluruh kegiatan.
- Ananda memiliki semangat yang tinggi selama mengikuti kegiatan Pramukaan, baik rutinitas biasa maupun rutinitas khusus. Jaga semangatnya, ya.
- Kami senang melihat Ananda (nama siswa) selalu aktif. Bila ada yang dibingungkan, Ananda tidak ragu bertanya pada teman maupun kakak pembina
- (Nama siswa) terlihat masih malu-malu menyesuaikan diri di kegiatan Pramuka. Kami berharap kamu dapat lebih aktif berbaur di kegiatan mendatang.
- (Nama siswa) cukup aktif terlibat dalam setiap kegiatan. Tidak hanya aktif, (nama siswa) memiliki sikap disiplin, tanggung jawab. dan dapat bekerja sama dengan sesama anggota Pramuka.
Ulasan tentang Partisipasi dan Keberanian Siswa
- Jangan takut untuk bertanya langsung kepada kakak pembina bila ada hal-hal yang masih kamu bingungkan dalam kegiatan Pramuka di sekolah. Kami siap membantu.
- Sebagai anggota Pramuka, berani menghadapi tantangan dimulai dari tekad yang kuat. Kami yakin, perlahan-lahan kamu bisa menemukan keberanian dari hal kecil.
- Peserta Pramuka sering kali tidak fokus mengikuti kegiatan, sehingga kurang Peserta kurang maksimal dalam mengikuti kegiatan Pramuka.
- Meskipun (nama siswa) masih malu membaur dengan teman-temannya, kami bangga padamu yang masih menjaga semangat selama kegiatan Pramuka berjalan.
- (Nama siswa) terlihat antusias selama mengikuti kegiatan Pramuka. Ananda juga terlihat berani mencoba hal baru.
Ulasan tentang Kerja Sama dan Toleransi Siswa dalam Kelompok Pramuka
- Setiap kegiatan berkelompok, Ananda (nama siswa) mampu bekerjasama dengan teman-temannya sebagai tim yang baik.
- (Nama siswa), kamu harus lebih banyak berbaur dengan teman-teman ya. Sebab dalam kegiatan Pramuka ini memerlukan banyak kerjasama dalam kekompakan saat berkelompok.
- Ananda (nama siswa) selalu bahu membahu membantu anggota Pramuka.
- Ananda (nama siswa) selalu terlibat dalam setiap kegiatan dan menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, serta kerja sama yang baik.
- (Nama siswa) menunjukkan kepedulian dengan teman-temannya dan toleran dengan pendapat teman-temannya selama kegiatan Pramuka berlangsung.
Penilaian tentang Sikap Spiritual dan Sosial Siswa
- Ananda (nama siswa) aktif terlibat di berbagai kegiatan kePramukaan, termasuk kegiatan sosial yang diselenggarakan. Kegiatan telah memberi dampak yang baik bagi Ananda dalam membantu sesama temannya.
- Sikap Ananda (nama siswa) telah mencerminkan Dasa Dharma Pramuka.
- Kepemimpinan (nama siswa) dalam tugas kelompok sangat baik. (Nama siswa) tidak hanya bertanggung jawab, melainkan peduli dengan para anggota.
- (Nama siswa) memiliki sikap bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan dan kebersihan selama aktivitas Pramuka berlangsung.
- Ananda (Nama siswa) menerapkan sikap bersyukur dengan berdoa sebelum dimulai dan selesainya kegiatan Pramuka.
Penilaian tentang Kemampuan Baris Berbaris (PBB) Siswa
- Ananda telah mampu melakukan baris berbaris sesuai arahan dengan baik.
- Ananda sebagai peserta Pramuka cukup memahami gerakan dasar baris berbaris dan berusaha melaksanakannya dengan baik.
- Kami melihat kemampuan (nama siswa) mengikuti latihan baris berbaris dengan tertib dan menunjukkan sikap patuh terhadap aturan.
- (Nama siswa) terampil melakukan baris berbaris dan mau belajar memperbaiki gerakan.
- (Nama siswa) mampu bekerja sama dengan teman-teman anggita dalam menjaga kerapian barisan.
Baca Juga: 30 Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Murid Kelas 6 SD Semester 1
0 Komentar
Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.