333 Orang Bakal Calon Telah Mendaftar, Menjelang Pilkades Serentak Garut


Sekitar 333 orang Bakal Calon (Balon) telah mendaftar untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Garut tahun ini.

Ke 33 orang balon tersebut berdasarkan surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Mengutip dari keterangan resmi, Sekretaris DPMD Erwin Rianto Nugraha menyebut jika suket tersebut berisikan keterangan belum pernah menjabat 3 periode sebagai kades.

"Itu belum dari laporan secara resmi (dari panitia Pilkades tingkat desa), karena kita belum menerima, tetapi berdasarkan suket yang kami keluarkan itu kurang lebih ada 333 orang bakal calon, yang terdiri dari 31 bakal calon (kades) perempuan dan sisanya laki-laki," katanya.

Adapun data tersebut didapat dari pendaftaran balon di 12 desa di 11 kecamatan di garut, bahkan ada yang balonnya lebih dari 5 orang.

Oleh karena itu, pihaknya akan menunggu hingga tahapan penelitian dan klarifikasi berkas balon kades selesai atau tepatnya hingga 12 April mendatang.

"Jadi kita menunggu saja dulu nanti kalau sudah tanggal 12 April itu sudah ketahuan, oh ternyata dari 12 (desa yang memiliki  lebih 5 balon) apakah masih tetap 12 desa di 11 Kecamatan atau berkurang ya, kalau bertambah tidak mungkin tapi (akan) berkurang," lanjutnya.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan seleksi tambahan berupa tes tertulis yang direncanakan pada tanggal 17 April 2023 nanti.

Meski demikian, Erwin mengungkapkan pada tanggal 13-14 April 2023 pihaknya akan terlebih dahulu memberikan pengarahan dalam pelaksanaan tes tersebut.

"Insya Allah (tes tertulis tambahan) akan dilaksanakan pada tanggal 17 bulan April, karena tanggal 13nya kami akan mengagendakan untuk pembobotan, penilaian administrasi tanggal 13-14 (atau) hari Kamis-Jumat, baru nanti hari Seninnya tes tertulis sekaligus penetapan balon menjadi calon. Jadi pasti nanti ini nih ada titik krusial ada bakal balon yang tidak akan lanjut atau istilahnya gugur ya, gugur karena tes tambahan," paparnya.****


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 18, May 2024
Kisah Pancasura dari Singajaya