6 Pekerjaan Rumah yang Harus Diperhatikan PERUMDA Tirta Intan Garut Supaya Menjadi BUMD yang Modern dan Inovatif


Perusahaan Umum Daerah Tirta Intan atau lebih sering dikenal sebagai PDAM in merupakan salah satu badan usaha milik daerah di Kabupaten Garut. Sebagai sebuah perusahaan umum daerah tentunya PDAM Tirta Intan ini memiliki dewan pengawas. Saat in PDAM Tirta Intan sedang mencari tiga kandidat yang siap untuk mengemban amanat sebagai dewan pengawas.

Dewa Pengawas tentunya memiliki dua amanat besar yang tercantum dalam Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2018, amanat pertama ialah melakukan tugas pengawasan terhadap Perumda Tirta Intan, mengawasi, dan memberikan nasihat kepada direksi dalam memberikan nasihat dalam menjalankan pengurusan Perumda Tirta Intan. Perumda Tirta Intan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang air ini memiliki tanggung jawab untuk menyediakan akses air minum yang aman dan juga berkelanjutan bagi masyarakat Garut.

Oleh karena itu, dalam era perkembangan teknologi dan digitalisasi hampir diseluruh bidang maka Perumda Tirta Intan harus bertransofrmasi menjadi sebuah perusahaan yang modern dan inovatif. Menurut Hendro Sugiato, SE., M.MKMT yang merupakan Kordinator Rumpun Ekonomi dan Kewirausahaan PIPS, Institut Pendidikan Indonesia mengatakan bahwa untuk menjadi perusahan modern dan inovatif terdapat enam pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan dijadikan sebagai perhatian bagi Perumda Tirta Intan, diantaranya:

  1. Penggunaan teknologi terkini karena transformasi modern tentunya tidak akan lepas dari penggunaan teknologi dan proses digitalisasi. Proses digitalisasi seperti terintegrasinya istem informasi dan teknologi digital dapat memberikan kemampuan analisis yang lebih baik terhadap manajemen sumber daya air, distirbusi air dan juga kualitas air. Selain itu, penggunaan Intenert of Thing (IoT) dapat membantu memonitor kualitas air dan distribusi air secara real-time.

  2. Diversifikasi pelayanan yang merupakan salah satu bentuk inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga Perumda tirta Intan tidak hanya menyediakan air bersih saja tetapi dapat memberikan layanan lainnya. Layanan lainnya yang dapat dilakukan oleh Tirta Intan seperti pengolahan limbah air, rekayasa lingkungan hingga pengelohan energi terhabarukan ataupun layanan lainnya yang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

  3. Model pembayaran inovatif seperti pembayaran digital sehingga mempermudah masyarakat dalam membayar tagihan.Selain itu, dengan adanya pembayaran digital maka perusahaan dapat lebih mudah dalam mengolah pendapatan yang masuk.

  4. Kemitraan strategis seperti bekerja sama dengan pihak swasta, lembaga riset, perguruan tinggi hingga organisasi non-profit yang dapat memberikan peluang dan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi Perumda Tirta Intan.

  5. Pengelolaan data dan analisis yang harus dilakukan secara mendalam, terutama data yang berkaitan dengan pola konsumsi air, kualitas air dan perliaku pelanggan. Dengan memiliki data tersebut dan kemudian dianalisis dengan baik dapat menjadi patokan bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi sehingga dapat memasarkan layanan secara lebih efektif.

  6. Pendidikan dan kesadaran masyarakat merupakan PR yang harus diperhatikan oleh Perumda Tirta Intan karena masyarakat yang merupakan konsumen utama perusahaan ini harus bisa menjaga cadangan dan kualitas air di Garut. Perusahaan dapat memberikan edukasi tentang cara menggunakan air yang bijaksana, menjaga kualitas air dengan tidak membuang limbah ataupun mengelola limbah sehingga membantu mengubah perilaku masyarakat agar tidak melakukan pemborosan air dan menerapkan gaya konsumsi air yang berkelanjutan sehingga mendukung keberlanjutan dan operasional PDAM


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka