6 Tips Mencegah Microsleep Saat Berkendara Agar Terhindar dari Kecelakaan

6 Tips Mencegah Microsleep Saat Berkendara Agar Terhindar dari Kecelakaan

Tips mencegah microsleep sangat dibutuhkan untuk terhindar dari risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara. Kecelakaan berkendara merupakan salah satu yang hal yang mengerikan, bahkan bisa sampai meninggal dunia.

Bagaimana tidak, sering kali korban mengalami luka-luka serius bahkan meninggal dunia. Namun, tahukah kamu jika "MICROSLEEP" Merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan saat berkendara. Selanjutnya, microsleep sendiri merupakan salah satu jenis gangguan tidur, yaitu tidur ringan dalam durasi singkat sekitar 5-10 detik dan juga bisa terjadi saat mata terbuka.

WASPADA MICROSLEEP SAAT BERKENDARA!

Untuk memastikan kamu mengalami microsleep atau tidak, pastikan kamu mengenali tanda-tanda microsleep ini, seperti; sulit konsentrasi, menguap secara berlebihan,tidak bisa mengingat kejadian 1-2 menit lalu, sering menundukkan kepala karena mengantuk, serta mengalami sentakan tubuh secara tiba-tiba.

Untuk menghindari serta mencegah kamu untuk mengalami Microsleep, melansir dari Media AkuTahu, berikut 6 tips mencegah microsleep:

  1.  Penuhi kebutuhan tidur dengan waktu 7-9 jam dalam satu hari
  2. Lakukan stretching atau peregangan ringan sebelum berkendara
  3. Manfaatkan fasilitas rest area
  4. Istirahat 1 jam setiap empat jam sekali saat menempuh jarak jauh
  5. Konsumsi kafein 30 menit sebelum berkendara karena efek kafein baru terasa
    setelah 30 menit.
  6. Memutar lagu favorit atau mengobrol

Selain tips tersebut, kamu juga perlu tahu bahwa kondisi rute perjalanan yang jalurnya lurus terus atau jalan yang sudah sering pengemudi lewati merupakan salah satu yang menyebabkan microsleep mudah dialami.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.