71 Penghuni Rutan di Garut Positif COVID-19 Jalani Isolasi

  • Whatsapp
Ilustrasi Rumah Tahanan (Foto: Ye Jinghan/unsplash.com)
Ilustrasi Rumah Tahanan (Foto: Ye Jinghan/unsplash.com)

71 penghuni rumah tahanan (Rutan) di Garut jalani isolasi karena terkonfirmasi positif COVID-19 pada Jumat (9/7). Para penghuni rutan kelas IIB yang terkonfirmasi positif COVID-19 melakukan isolasi di dalam rutan. Sekretaris Dinas Kesehatan Garut, Leli Yuliani membenarkan kabar ini.

“Di Rutan awalnya ada sejumlah penghuni yang mengalami gejala COVID-19. Makanya pihak Rutan kemudian meminta kepada kami agar dilakukan pemeriksaan terhadap para penghuni Rutan,” kataLel melansir dari Pikiran-rakyat.com, Jumat (9/7).

Konfirmasi positif 71 tahanan ini bermula atas permintaan pihak rutan untuk melakukan pelacakan serta pemeriksaan pada beberapa tahanan. Menurut Leli, hal ini bermula saat pihak rutan menemukan adanya tahanan dari sel wanita yang merasakan demam. Setelah melakukan pemeriksaan, tahanan tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 melalui hasil swab.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Menurut Asep Rahmat selaku Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Garut setelah menerima hasil konfirmasi positif, pihak rutan melakukan pemeriksaan. Pihak rutan melakukan pemeriksaan pada 224 penghuni rutan dari sel wanita maupun pria. Hasil pemeriksaan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan mendapatkan total 71 tahanan terkonfirmasi positif. 

Setelah melakukan pemeriksaan, Leli mengatakan kebanyakan tahanan terdeteksi sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala). Adapun mereka yang memiliki gejala hanyalah gejala ringan.

“Kebanyakan sih tak bergejala walau memang ada beberapa di antaranya yang bergejala akan tetapi hanya gejala ringan. Makanya isolasi dilakukan masih di dalam Rutan tapi tentunya dengan pemantauan petugas,” jelas Leli melansir dari pikiran-rakyat.com pada Jumat (9/7).

Selain jalani isolasi, 71 penghuni rutan yang terkonfirmasi positif COVID-19 juga akan mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan. Pihak Dinas Kesehatan Garut memberikan bantuan berupa obat-obatan, vitamin serta alat kesehatan untuk kesembuhan pasien COVID-19 di rutan.

Menurut Asep, saat ini 71 tahanan yang terkonfirmasi positif sedang melaksanakan isolasi. Asep mengatakan, pihak rutan telah menyiapkan tempat khusus yang rutan gunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 di lapas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *