Akses Internet Masih Jadi Kendala Berkembangnya Desa Wisata di Garut


[Ilustrasi menara sinyal internet/Sumber: Fixabay]

Terbatasnya akses internet pada daerah tertentu masih menjadi kendala untuk berkembangnya Desa Wisata yang saat ini terus bermunculan di Kabupaten Garut.

Akses internet diera saat ini, seakan menjadi hal yang wajib untuk mengembangkan potensi daerah yang dimiliki seperti produk UMKM, hasil alam dan wisata.

Seperti Desa Wisata Sindangkasih, yang terletak di Jalan Raya Garut-Tasikmalaya, Kecamatan Cilawu yang tersendat perkembangannya akibat terkendala akses internet.

Salah satu pengelola Desa Wisata Sindangkasih, Dedi, mengungkapkan bahwa wisata yang berdiri hasil swadaya masyarakat masyarakat ini, memerlukan sentuhan dari pihak terkait.

"Jadi yang paling pertama kan sekarang era globalisasi gitu ya, jadi mohon minta untuk bantuan sarana internet, kemudian ke ticketing digital," Terangnya.

Selain itu, Dedi juga menjelaskan bahwa pengembangan akses internet di wilayahnya dan penerangan jalan menuju lokasi Desa Wisata menjadi hal yang paling dibutuhkan.

"Kemudian apalagi itu PJU-PJUnya juga untuk penerangan, kemudian untuk akses-akses jalan ke sini juga harus diperbaiki lagi.

Maka dari itu, ia juga meminta bantuan khususnya kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, dalam pembuatan website untuk menunjang pemasaran secara digital untuk media promosi Desa Wisata Sindangkasih.

"Kebetulan kalau secara face to face memang pemasaran sudah berjalan, cuman untuk melalui internet mungkin karena kekurangan gitu ya, kekurangan pertama operatornya juga harus ada pelatihan, kemudian untuk perangkatnya juga harus minta bantuan dari Diskominfo," tandasnya.

Desa Wisata Sindangkasih ini sendiri merupakan desa wisata hasil gotong-royong dari masyarakat Kampung Sindangkasih yang berdiri tahun 2019 serta telah diresmikan Bupati Garut, Rudy Gunawan, pada bulan September 2020 lalu.

Adapun ciri khas dari Desa Wisata Sindangkasih adalah potensi air deras yang dijadikan media wisata river tubing, dengan harga tiket masuk yang cukup murah untuk dewasa maupun anak-anak.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka