Bupati Sebut 50 Ribu Warga Garut Masuk Kategori Kemiskinan Ekstrem

Bupati Sebut 50 Ribu Warga Garut Masuk Kategori Kemiskinan Ekstrem

Bupati Garut Rudy Gunawan menyebutkan, bahwa berdasarkan data dari Pemkab Garut dan Pemerintah pusat, sekarang itu ada 50 ribu masyarakat Garut yang berada di kategori kemiskinan ekstrem.

"Jadi kemiskinan ekstrem itu, kalau tidak dibantu, tidak akan bisa makan. Di Jabar 3 persen, Garut 1,9 persen, sekitar 50 ribu (warga)," katanya seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Rudy mengaku, pihaknya menerima data warga yang masuk kategori kemiskinan ekstrem di Garut dari pemerintah pusat berupa data nama dan alamat. Karenanya, pihaknya akan melakukan pengecekan lapangan terhadap data tersebut.

Melihat kondisi seperti ini, kata dia, tentu saja pihaknya harus mengambil tindakan agar tidak terjadi kemiskinan berkepanjangan. Tindakan yang akan diambil berupa program-program yang sifatnya bisa mengurangi beban masyarakat. 

"Bisa bantuan beras, beras cadangan pemerintah," katanya. 

Selain itu, menurut Rudy pemerintah daerah pun akan berupaya mencarikan pekerjaan dengan cara program-program yang sifatnya padat karya pun akan dilakukan di daerah yang ada warganya terdampak kemiskinan ekstrem.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.