Curug Jaga Pati Sumber Kehidupan Kampung Padarame Cisompet


[Illustration : kataomed.com]

Curug Jaga Pati adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Cisompet, air terjun ini terdiri dari tiga terjunan air yang terletak secara vertikal sehingga bila dilihat dari sudut manapun air terjun ini terlihat megah dan indah. Curug Jaga Pati berasal dari aliran sungai Cilimbung yang berasal dari Gunung Limbung.

Aliran air dari sungai Cilimbung ini juga membentuk Curug Tujuh Neglasari yang dapat dilihat dari jalan raya Cisompet. Aliran air dari Curug Tujuh Neglasari ini akan bergabung dengan aliran air sungai Cisanggiri dan bermuara ke Samudera Indonesia melalui Pantai Selatan Garut.

Curug Jaga Pati ini memiliki kualitas air yang masih bersih dan jernih, di bawah curug terdapat kolam-kolam air yang bisa digunakan untuk bermain dan berenang. Selain itu, debit air yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil membuat aliran dibawah curug tenang dan tidak deras.

Untuk pergi ke Curug Jaga Pati ini maka harus pergi ke Cisompet, air terjun ini searah dengan jalan menuju ke Pameungpeuk. Sesampaianya di perkebunan Neglasari belok ke arah kiri menuju arah SMPN 3 Cisompet kemudian ikuti jalan tersebut dan berhenti ketika menemukan plang yang bertuliskan Curug Jaga Pati.

Plang tersebut menunjukkan arah ke Kampung Padarame tempat di mana Curug Jaga Pati berada. Kemudian sesampainya di Sekolah Dasar anda akan menemukan Jalan Makadam yang merupakan jalan menuju Curug Jaga Pati. Di jalan Makadam ini para wargi bisa melihat Curug Cibadak dari kejauhan. Dari kejauhan akan terlihat bahwa Curug Cibadak ini dipisahkan oleh sebuah bukit. Bukit ini memisahkan Curug Cibadak dengan Sungai Cilimbung.

Dari Jalan Makadam Kampung Padarame, para wargi harus menuruin jalan yang licin dan juga curma, jalanan ini berbahaya jika dilewati di waktu hujan. Di ujung jalan makadam kalian akan menemukan Curug Jaga Pati dari depan. Aliran air Curug Jagapati juga dimanfaarkan untuk memutar turbin mikro hidro ketika listrik belum masuk ke Kampung Padarame.

Namun, saat ini Kampung Padarame sudah memiliki listrik dan saat ini aliran air Curug Jagapati digunakan untuk mengairi sawah warga. Sehingga dapat dikatakan bahwa air Curug Jaga Pati ini merupakan sumber kehidupan bagi Kampung Padarame karena masyarakat Kampung Padarame memanfaatkan aliran air Curug Jaga Pati untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, untuk menjaga tanaman dan tumbuhan serta untuk menjaga alam disekitarnya.

 

 

Sumber : Majalah Diskominfo Amazing Garut 2017


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka