Emplod, Camilan ‘Telur’ Singkong dari Garut

  • Whatsapp
Emplod - Info Garut
www.wisatakuliner.org

Kota Garut terkenal dengan buah tangan dodol yang rasanya manis. Buah tangan dengan rasa gurih pun tak kalah enaknya juga, yaitu Emplod! Selain gurih, makanan ini dapat sedikit mengganjal perut untuk beberapa waktu karena mempunyai kandungan karbohidrat sebagai bahan dasarnya.

Emplod atau yang biasa disebut Endog Lewo ini merupakan camilan olahan dengan bahan dasar singkong. Endog artinya telur karena bentuk camilan bulat menyerupai telur dan Lewo yang merupakan daerah produksi camilan ini tepatnya di Kp. Cicadas, Desa Sukajaya, kecamatan Malangbong, Kab Garut.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Camilan dengan bentuk telur ini menghadirkan rasa original dan pedas. Selain rasanya yang gurih di lidah, Emplod menciptakan kerenyahan dalam setiap gigitannya. Tak banyak mengira makanan ini seperti cimol kering, sayangnya cimol kering teksturnya sedikit keras.

Emplod dapat dinikmati dengan beberapa hidangan makanan lain seperti bakso atau makanan yang berkuah. Hal ini juga akan lebih bermakna jika memakan camilan ini bersama orang-orang terdekat dengan mengisyaratkan kebersamaan untuk saling berbagi pada setiap kerenyahannya. Memakannya secara personal pun tidak apa-apa kok! Menikmatinya pada sela-sela kesibukkan dan waktu senggang untuk menemani istirahat dari lelahnya aktivitas.

Seiring adanya inovasi produk, Emplod menawarkan rasa yang beragam seperti keju, balado dan jagung manis. Harganya pun cukup murah sekitar Rp15.000 perbungkus dengan berat 250gr. Para wisatawan ataupun wargi Garut dapat menemui ‘telur’ singkong ini pada beberapa gerai oleh-oleh Garut di Tarogong  atau langsung dapat mengunjungi Malangbong yang merupakan daerah asal produksinya.

Selain membelinya secara langsung, para wisatawan atau orang yang ingin merasakan kerenyahan dari Emplod ini bisa mencarinya pada beberapa marketplace dan sudah dapat dikirim ke seluruh Indonesia! Bersama dengan potongan ongkir jika membeli dalam jumlah tertentu.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba kerenyahan dari cemilan ‘telur’ singkong ini?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *