Fakta RAA Adiwijaya, Bupati yang Diinginkan Masyarakat Garut


RAA Adiwijaya adalah bupati Garut yang dilantik oleh Raffles pada 16 Februari 1813 bersamaan dengan pengembalian status Kabupaten Limbangan. RAA Adiwijaya yang merupakan keturunan Prabu Siliwangi, raja Kerajaan Pajajaran, ini memiliki sifat memimpin yang didambakan oleh warga Garut. Apa saja fakta menarik dari Bupati Adiwijaya? Yuk simak langsung di bawah!

 

1. Bupati Pertama

RAA Adiwijaya menjadi bupati pertama Garut yang dilantik oleh Thomas Stamford Raffles pada 16 Februari 1813. Pelantikan tersebut bersamaan dengan pengembalian status Kabupaten Limbangan

Acara pelantikannya cukup meriah. Berbagai tamu dari Kesultanan Banten, Kesultanan Cirebon, dan Kasunan Surakarta. Sehari sebelum pelantikan, Garut ramai diisi dengan pentas seni, pasar malam, dan pameran persembahan dari panitia. 

 

2. Memindahkan ibukota

RAA Adiwijaya berjasa dalam upaya pemindahan ibu kota Garut. Tahun 1813, terjadi pemindahan ibu kota yang awalnya terletak di daerah Limbangan menuju daerah Suci. Namun, banyak pihak yang menganggap jika Suci tidak memenuhi syarat untuk menjadi ibu kota karena kawasannya yang terlalu sempit. RAA Adiwijaya membentuk tim khusu untuk mencari daerah yang cocok sebagai ibu kota Kabupaten. Mereka akhirnya menemukan sebuah tempat untuk dijadikan ibu kota karena tanagnya subur, memiliki mata air yang mengalir ke Sungai Cimanuk, serta pemandangan yang dikelilingi pegunungan yang kemudian diberi nama Garut. Mulai 1 Juli 1913, ibu kota Kabupaten Garut adalah Garut.

 

3. Namanya diabadikan sebagai nama SOR Garut

Garut akan memiliki stadion bertaraf nasional dengan kapasistas 12 ribu. Berbagai fasilitas disediakan seperti pembangunan lapang sepak bola, lintasan ateltik, pemagaran stadion, hingga pembangunan saluran drainase. Sarana olahraga tersebut kemudian akan diberi nama RAA Adiwijaya sebagai bentuk penghormatan kepada bupati pertama Garut.

 

4. Bupati yang diinginkan masyarakat Garut

Di lansir dari laman kagama.co, hasil wawancara dengan Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara (LOKANTARA), Dr. Purwadi, M.Hum mengatakan bahwa pelantikan Adiwijaya sebagai bupati pertama Garut sesuai dengan keinginan masyarakat setempat. Alasannya akrena sifat-sifat kebangsawanan Adiwijaya, asal-usul, kemampuan, dan pengalamannya sangat memadai. Adiwijaya merupakan seorang pemimpin yang dapat dipercaya, jujur, mandiri, rendah hati, pekerja keras, tekun, ramah, dan sederhana ini sangat dikagumi oleh masyarakat. Masyarakat Garut patuh pada pimpinannya dan menjunjung tinggi aturan, hukum, dan norma selama dipimpin oleh Adiwijaya.

 

Sumber materi : kagama.co

Sumber foto : wikipedia


0 Komentar :

    Belum ada komentar.