Habis Dalgona Terbitlah Croffle, Kamu Sudah Coba?

  • Whatsapp
Croffle (Foto : Freepik)
Croffle (Foto : Freepik)

Tren kuliner memang terus berkembang dari masa ke masa. Setelah tahun lalu masyarakat Indonesia sibuk mengaduk dalgona, kali ini giliran croffle yang menjadi primadona. Kudapan yang terbuat dari croissant ini sedang ngehits di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Croissant merupakan perpaduan antara roti dan pastry. Hanya saja, kali ini masyarakat tidak menyantap croissant dengan begitu saja. Sebuah kreasi baru tercipta dengan memadukan croissant dan waffle. Masyarakat kemudian menyebut kudapan ini dengan nama croffle. 

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Kudapan ini mulai populer sejak Kang Minkyung, seorang penyanyi asal Korea Selatan memperkenalkannya di channel YouTube pribadinya. Setelah itu, kudapan ini dengan segera menjadi tren di kalangan anak muda Korea Selatan. Belakangan, tren ini mulai masuk ke Indonesia. Tidak sedikit anak muda yang mencoba membuat croffle ala mereka sendiri di rumah.

Membuat croffle memiliki tantangan tersendiri. Hal itu karena membuat croissant, yang merupakan bahan baku croffle, memerlukan dedikasi. Proses pembuatan croissant pada dasarnya memang lebih kompleks dari roti. Namun, tantangan akan membuat proses menjadi lebih menyenangkan, bukan?

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat croffle di rumah, bisa mencampurkan ½ cangkir air dan ⅓ cangkir susu evaporasi. Pastikan jika suhunya tidak terlalu panas, cukup pada kisaran 50° Celsius. Kemudian, kamu bisa memasukkan 3 sendok makan gula dan 1 sendok makan ragi ke dalam larutan susu. Setelahnya, kamu bisa memasukkan 3 cangkir tepung terigu protein tinggi dan satu butir telur. Setelah dicampur merata, masukkan tiga sendok makan mentega tawar dan satu sendok teh garam. Uleni hingga elastis dan halus selama lima hingga tujuh menit. 

Ketelatenan adalah kunci dalam membuat adonan croissant. Kita perlu menggiling, melumuri adonan dengan mentega tawar, sebelum kemudian menggilingnya lagi. Kemudian, taruh adonan tersebut ke freezer selama beberapa jam hingga seharian. Setelah adonan siap, masukkan ke dalam cetakan waffle. Croffle pun sudah siap kamu kreasikan dengan toping-toping lain dan segera disantap!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *