Jembatan Diplomasi, Jembatan Unik di Garut


Jembatan Diplomasi adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibunar Tarogong Kidul dengan Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu. Jembatan dengan panjang 80 meter melintasi Sungai Cimanuk ini memudahkan monilasi warga di sana. Sebelum ada jembatan tersebut para warga Desa Cibunar atau warga Desa Mangkurakyat harus menempuh jarak sekitar 12 KM.

Jembatan Diplomasi yang dibangun pada tahun 2018 lalu ini merupakan sumbangan dari ASEAN Charity Golf Jakarta Ambassador Golf Association (JAGA). Program ini merupakan program sukarela sehingga dana yang dikumpulkan berasal dari dana pribadi para diplomat yang ditunjukkan untuk proyek kemanusiaan di beberapa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, jembatan ini diberinama sebagaiu jembatan diplomasi.

Jembatan Diplomasi ini merupakan jembatan besi sehingga aman untuk dilalui. Berbeda dengan jembatan sebelumnya yang merupakan jembatan seadanya berbahan bambu dan kayu. Menurut keterangan para warga sekitar jembatan tersebut sudah ada dulu dan tidak pernah diperbaiki hingga akhirnya pada tahun 2016 jembatan tersebut hanyut terbawa banjir.

Jembatan Diplomasi diresmikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di tahun 2018, jembatan ini tentunya memudahkan warga Desa Cibunar karena kebutuhan warga seperti sekolah, puskesmas hingga pasar terletak di Desa Mangkurakyat. Adanya jembatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan diantara masyarakat. 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 13, Jul 2024
Keseruan Garut Children Festival 2024