Komedian Legendaris Inggris Ini Pernah Berkunjung ke Garut Hingga 2 Kali, Loh!

Komedian Legendaris Inggris Ini Pernah Berkunjung ke Garut Hingga 2 Kali, Loh!

Sejak zaman Belanda, keindahan Garut sudah terkenal hingga mancanegara. Berita keindahan itu sampai di telinga komedian legendaris asal Inggris. Dikabarkan dalam koran Het Niews van den Dag voor Nederland Indie yang terbit pada 29 Maret 1932 bahwa Chaplin akan menyambangi Garut. Melalui Tanjung Priok, Chaplin akan meninggalkan Batavia dan pada hari Senin akan melanjutkan perjalanannya ke Garut. 

Chaplin menggunakan kereta api untuk sampai di Garut. Hal tersebut didukung dengan bukti potret Chaplin pada majalah Moesen tanggal 15 Januari 1995 dengan keterangan _Charlie Chaplin op het perron van station Garoet, 1932.

Chaplin menginap di Hotel Grand Ngamplang. Chaplin begitu menikmati perjalanannya hingga berhasil memunculkan banyak ide untuk film komedinya. Mengutip dari Ibnu Murti untuk Kumparan (23/1/19), dalam surat kabar Indische Courant, Chaplin sempat menyaksikan tradisi adu domba. Chaplin begitu menikmati pertunjukan sarat histori tersebut. 


Tidak ada detail lebih lanjut mengenai aktivitas Charlie Chaplin saat di Garut, tetapi yang bisa dipastikan adalah Chaplin begitu menikmati kunjungannya sehingga memutuskan untuk berkunjung kembali pada tahun 1936 ke Garut.

 

Sumber foto : Heritage KAI


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.