Mengunjungi Situs-Situs Makam Kuno, Destinasi Wisata Religi Umat Muslim di Garut


Selain menjadi tempat rekreasi, destinasi wisata religi memiliki banyak manfaat. Salah satunya, untuk memperkaya edukasi kita mengenai sejarah persebaran agama di suatu wilayah.

Bagi Warginet yang ingin mengisi liburan dengan berwisata religi, berikut ini adalah situs-situs makam kuno yang terkenal di Garut.

Makam Godog

Makam Prabu Kian Santang di Gunung Godog | KontrasTimes.com

Foto: kontrastimes.com

Makam Godog merupakan makam dari Syekh Sunan Rohmat Suci atau Kian Santang atau Raden Sangara, yang terletak di lereng Gunung Karacak, Kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

Menurut sejarahnya, Kian Santang merupakan anak dari Prabu Siliwangi dengan ibunya yang bernama Subanglarang. Sepulang dari tanah suci, Kian Santang kemudian mengganti namanya menjadi Haji Mansur Lumajang Kudrat.

Sejak saat itu, selama hidupnya, Haji Mansur Lumajang Kudrat menyebarkan agama Islam dan mengajarkan aturan-aturan syariat Islam pada masyarakat di kawasan Limbangan hingga Pajajaran, juga membujuk ayahnya untuk menganut ajaran Islam.

Menurut istilahnya, kata "Godog" berasal dari "Penggodogan" atau ritual yang harus ditempuh  para pengikut Haji mansyur yang ingin menjadi seorang ulama. Karenanya, oleh masyarakat setempat, makam tersebut kemudian disebut Makam Godog.

Makam Cinunuk

cinunukk.jpg

Foto: Garut Trip Agent

Makam Cinunuk terletak di Kampung Cinunuk Hilir, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, di perbukitan  dan areal pemakaman umum.

Menurut masyarakat setempat, nama Cinunuk berasal dari kata cindek yang berarti duduk atau menetap. Ada pula yang mengatakan bahwa Cinunuk berasal dari kata cai atau air dari pohon nunuk.

Dulu, di kampung ini banyak terdapat muara air yang bersumber dari daratan tinggi atau bukit. Sementara di bukit tersebut terdapat pohon nunuk yang mengalirkan air hingga ke kampung mereka. Karenanya, masyarakat setempat memberi nama Kampung Cinunuk.

 

Makam Cibiuk

 Makam-Syekh-Jafar-Sidiq-Cibiuk.jpg

Makam Cibiuk atau Makam Sunan Haruman, merupakan makam  keluarga besar Syekh Jafar Sidik yang terdiri dari makam nenek, kakek, istri dan pembantunya, yang terletak di Kampung Cilanjung, Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Garut.

Syekh Jafar Sidiq adalah tokoh penyebar  agama Islam di kawasan Garut Utara, yaitu sekitar Limbangan dan Cibiuk pada abad ke-18 M. Syekh Jafar Sidiq adalah anak dari Kiyai Mas’ud yang merupakan keturunan Sunan Cipancar. Ia lahir pada tahun 1695 dan wafat pada tahun 1800.

 

Nah, Warginet, destinasi wisata religi mana yang ingin kamu kunjungi?

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka