https://dev.news.makassarkota.go.id/public/pgsoft-demo/ https://jdih.sumbawabaratkab.go.id/lato/pg-soft-demo/ https://dev.news.makassarkota.go.id/public/slot-gacor/ http://pbb.tanahbumbukab.go.id/-/slot-gacor/ slot gacor https://siakad.unipra.ac.id/sass/slot-gacor-x500/ http://kpm.dinus.ac.id/assets/images/berita/slot/ Mitos dan Sejarah Makam Putri Intan Dewata yang Terletak di Atas Gunung Putri | Infogarut.id

Mitos dan Sejarah Makam Putri Intan Dewata yang Terletak di Atas Gunung Putri

Mitos dan Sejarah Makam Putri Intan Dewata yang Terletak di Atas Gunung Putri

Makam Putri Intan Dewata yang kental dengan mitos bercampur sejarah, dinamakan makam di awan karena letaknya yang tinggi. Hingga saat ini makam tersebut masih menjadi misteri, mungkin misteri inilah yang menjadikannya magnet yang menarik ratusan wisatawan penasaran ingin mengetahui apa yang terjadi pada Putri Intan Dewata.

Makam Putri Intan Dewata lekat dengan sejarah Kerajaan Timbanganten. Makam Putri Intan Dewata  terletak di Gunung Putri, bersebelahan dengan Gunung Guntur Garut. Putri Intan Dewata sendiri merupakan kakak Perempuan Raja Ranggalawe. Nama lengkap Putri Intan Dewata adalah Ratna Inten Dewata. Lokasi lengkap makam ini berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Makam Nyimas Ratna Intan Dewata merupakan salah satu makam yang menyimpan banyak misteri. Tim investigasi juga menemukan makam keramat yang terletak di Gunung Putri, Garut. Sejarah panjang tokoh Nyimas Ratna Intan Dewata memang belum terungkap secara jelas dan lengkap, hanya saja setiap harinya banyak peziarah yang berkunjung.

Makam  Nyimas Ratna Intan Dewata terletak di gunung Putri Garut yang dijuluki makam di atas awan. Selain itu, Gunung Putri di kota Garut juga menjadi tempat peristirahatan Eyang Haji Ahmad, saudara laki-laki Nyimas Ratna Intan Dewata. Eyang Ahmad juga merupakan keturunan keluarga Kerajaan Garut Timbanganten.

Desa Mekarjaya kini dinobatkan sebagai desa wisata religi dan spot foto di Puncak Intan Dewata. Tempat wisata ini terletak di Petilasan Makam Puteri Intan Dewata, Desa Mekarjaya, Kabupaten Garut. Puncak Intan Dewata menyuguhkan pemandangan Kabupaten Garut yang menakjubkan dari puncaknya di ketinggian 1400 MDPL (meter di atas permukaan laut). Hasil kreativitas berbagai pihak dalam pengelolaan desa ini dengan baik.

Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan mengatakan salah satu keunggulan desa wisata ini adalah bersifat religi dengan adanya makam Putri Intan Dewata. Kelebihannya di sini ada salah satu puncak Gunung Putri, karena ada makam yang jadi daya tarik wisatawan religi. Lalu kita punya panorama  yang sangat istimewa, apalagi ruas Jalan Ibrahim Adjie termasuk objek wisata Bagendit.

Masyarakat Desa Mekarjaya juga sangat berharap agar jalan menuju Desa Wisata Puncak Intan Dewata dapat diperbaiki sehingga menciptakan kondisi yang lebih nyaman bagi pengunjung, khususnya jalan bagi kendaraan roda dua dan empat.***

 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.