Mulai Terkikis, Sekda Garut Ajak Masyarakat Pelihara Kebudayaan Sunda


Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, mengajak masyarakat untuk memelihara kebudayaan Sunda yang kini mulai terkikis.

Ajakan seperti penerapan Bahasa Sunda kepada anak sejak dini dari tata cara berbahasa Sunda yang benar, sesuai dengan ketentuan yang ada.

Di Hadapan keluarga besar Paguyuban Pasundan Garut hal itu ia sampaikan dalam acara Silaturahmi Halal Bihalal Ba'da Idulfitri 1444 Hijriah, di Gedung Pendopo, Garut, Kamis (25/5/2023).

Nurdin Yana menyampaikan dirinya merasa kagum atas penampilan anak-anak sekolah dari Yayasan Pendidikan Dasar Pasundan.

Menurutnya kegiatan seperti ini harus terus berlangsung, mengingat budaya Sunda saat ini hampir terkikis oleh budaya luar.

"Aya oge kalepatan urang sadaya apa kalih ibu, eta mah mangga satuju teu satuju, urang oge dirorompok di bumi urang teh sok ngadidik murangkalih urang teh sanes ku basa indung urang, seuseueurna mah punten ku bahasa nasional (ada juga kesalahan kita semua, bapak ibu, itu boleh saja setuju atau tidak, karena ketika di rumah kebanyakan kita mendidik anak bukan menggunakan bahasa Sunda, tetapi kebanyakan menggunakan bahasa nasional)," ucapnya.

Untuk itu, Nurdin berharap kondisi ini menjadi perhatian semua pihak dengan mulai dari keluarga terkecil mendidik anak-anaknya tidak terlalu asing dengan bahasanya sendiri.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Habitat Kukang Jawa di Kamojang