Persiapan Mudik Lebaran, Pemkab Garut Terus Kebut Perbaikan Jalan


Mendekati peningkatan arus mudik, Pemerintah Kabupaten Garut mempercepat perbaikan dan rekonstruksi jalan yang ditargetkan rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan pihaknya tengah berupaya memaksimalkan perbaikan jalan agar bisa dilalui pemudik. Salahsatunya seperti jalan di Pasar Kadungora, Kecamatan Leles, yang ditargetkan selesai H-5 lebaran.

"Pertama adalah jalan yang di Pasar Kadungora, Alhamdulillah beres sebelah  tinggal sebelah lagi, lagi terus dikejar waktu dalam satu minggu ini kita target selesai, sehingga pada saat lebaran, atau H-3 atau H-5 itu bisa digunakan,” ujarnya, Selasa (12/4/2022).

Guna mempercepat pengerjaan, kata Helmi, Pemkab Garut menggunakan lapisan penetrasi makadam (lapen) supaya mempersingkat waktu pengerjaan. Menurutnya, jika perbaikan menggunakan beton maka pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih panjang.

"Sekarang ada lagi jalur dari tutugan Leles sampai ke Masjid Iqro, nah dari tutugan Leles ke Pasopati itu target kita selesai sampai jalur Pasopati," ujarnya.

"Kalau beton langsung mungkin (tidak) akan cukup waktu, tapi dengan lapen, jadi kami minta lapen sehingga bisa rata, ya paling kita rata dulu lah ya, supaya lebaran digunakan rata pake lapen,” sambung Helmi.

Ia berharap beberapa ruas jalan yang tengah diperbaiki dapat selesai sebelum lebaran agar bisa dilalui oleh para pemudik. 

“Harapannya ini bisa digunakan sebelum lebaran, (dan) masyarakat bisa menikmati mulusnya jalan di sini, diantara tutugan Leles sampai Pasopati dengan jalan beton, kemudian dari Pasopati ke Masjid Iqro itu dengan lapen," katanya.

Untuk ruas jalan yang sementara menggunakan bahan lapen, imbuh Wabub, setelah lebaran nanti Pemkab Garut akan diperbaiki ulang menggunakan bahan beton.

"Nah setelah lebaran baru kita beton lagi, paling kita beton yang sampai ke Masjid Iqro,” tandasnya.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.