Potensi Alam di Kecamatan Bayongbong

Potensi Alam di Kecamatan Bayongbong

Kecamatan Bayongbong merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Garut ini memiliki potensi alam yang luar biasa. Salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Kecamatan Bayongbong adalah tanah yang subur sehingga di kawasan Kecamatan Bayongbong dapat dimanfaatkan sebagai daerah pertanian. Selain itu, kecamatan yang diduduki oleh 120 ribu jiwa ini juga memiliki wilayah yang luas.

Potensi alam lain yang dimiliki oleh Kecamatan Bayongbong selain keadaan tanahnya yang subur di mana bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertanian, terdapat unsur pendukung lainnya ialah terdapat sumber air yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian. Sumber air yang terdapat di Bayongbong saat ini selain dimanfaatkan untuk lahan pertanian juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Bahkan mata air yang berada di Kecamatan Bayongbong ini juga mengalir hingga kawasan Garut Kota dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat di kawasan Garut Kota. Komoditas terkenal dari Kecamatan Bayongbong adalah kopi dan juga bawang merah. Di Kecamatan Bayongbong terutama di kawasan kaki Gunung Cikuray terdapat banyak kebun kopi yang di mana kopi tersebut dikenal sebagai kopi Cikuray yang sudah dijual keseluruh penjuru negeri.

Selain itu, Kecamatan Bayongbong dikenal sebagai daerah penghasil bawang merah. Salah satu desa di Bayongbong yakni Desa Hegarmanah merupakan desa yang dikenal sebagai sentra bawang merah. Produksi bawang merah yang dihasilkan oleh Desa Hegarmanah ini sudah dipasarkan ke seluruh Pulau Jawa, bahkan produksi bawang merah dari Desa Hegarmanah ini memenuhi kebutuhan pasar di Pulau Jawa. 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.